Sabtu, April 20, 2024

Dinkes Ciamis Siap Terjunkan Tim Kesehatan Keliling saat Pemilu, Antisipasi Petugas KPPS Kelelahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada Pemilu 2019 lalu, tercatat ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia diduga akibat kelelahan. Dinas Kesehatan Ciamis pun menyiapkan Tim Kesehatan Keliling saat Pemilu 2024. Guna mengantisipasi petugas KPPS yang sakit dan kelelahan.

Tim Kesehatan Keliling itu diterjunkan untuk bertugas memantau para petugas KPPS di TPS pada saat hari pelaksanaan pemungutan suara, Jumat (15/2/2024).

Sekretaris Dinas Kesehatan Ciamis Anton Wahyu mengatakan pihak KPU Ciamis telah meminta bantuan untuk tim kesehatan di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Namun menurut Anton, tenaga kesehatan di setiap TPS tidak dapat dipenuhi karena SDM yang terbatas.

“Kalau standby di setiap TPS tidak mungkin karena nakes terbatas, jadi kita lakukan secara mobile, berkeliling ke setiap TPS, ketika ada informasi atau keluhan dari petugas KPPS bisa langsung ditangani,” ujar Anton, Rabu (6/12/2023).

Dinkes Ciamis juga akan koordinasi dengan bidan desa supaya bersiaga ketika ada petugas KPPS yang sakit untuk ditangani pada saat pemilu.

“Jumlah TPS kan banyak, paling nanti bidan desa akan dikoordinasikan,” jelasnya.

Anton menyebut Dinkes Ciamis melalui puskesmas di kecamatan siap melaksanakan skrining kesehatan untuk petugas KPPS. Pihaknya pun telah melakukan komunikasi dengan KPU Ciamis.

“Jadi petugas KPPS nantinya yang mendatangi ke puskesmas untuk skrining kesehatan,” ungkapnya.

Diketahui, KPU Kabupaten Ciamis akan membuka rekrutmen 27.601 anggota KPPS. Pendaftaran rekrutmen anggota KPPS dibuka tanggal 11 Desember sampai 20 Desember 2023. Petugas KPPS tersebut akan bertugas di 3.943 TPS se-Kabupaten Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya