Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Diguyur Hujan, Tebing Longsor di Panawangan Ciamis Timbun Jalan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com) – Akibat diguyur hujan lebat dengan intensitas waktu lama, tebing longsor terjadi di Panawangan Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (3/10/2020). Tebing dengan tinggi 90 meter ini menimbun Jalan Nasional Ciamis-Cirebon. Tepatnya di Dusun Kondang, Desa Cinyasag.

Danramil 1309/ Panawangan Kapten Arm Suharto  menuturkan longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Longsore terjadi karena tanah tebing tidak kuat menahan derasnya hujan yang mengguyur dalam waktu semalaman.

“Tebing yang longsor  itu cukup tinggi mencapai 90 meter dan lebar 30 meter. Beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas,” ucapnya.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun material tebing longsor ini menutup badan jalan. Sehingga kendaraan dari arha Cirebon maupun dari arah Ciamis terhambat.  Kendaraan masih bisa melintas, namun dengan cara bergantian karena setengah jalan tertimbun.

“Lalu lintas sempat terhambat akibat tanah longsor menimbun jalan. Harus diberlakukan bergantian saat melintas,” kata Kapten Arm Suharto.

Supaya arus lalu lintas kembali normal, petugas gabungan TNI-Polri dibantu warga dan petugas terkait bergotong royong guna membersihkan material longsor menggunakan alat seadanya. Hanya saja untuk membersihkan materal tebing loongsor ini harus menggunakan alat berat.

“Sambil menunggu alat berat, arus lalu lintas sementara diberlakukan buka tutup arah. Petugas gabungan dan warga mencoba membersihkan material longsor,” tegas dia. (AY/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya