Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Dawuan Ciamis, Air Terjun Cantik Bagi Petualang

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DJAVATODAY.COM, WISATA CIAMIS – Kabupaten Ciamis memiliki kekayaan alam melimpah. Banyak diantaranya berpotensi menjadi destinasi wisata. Seperti Curug Dawuan Ciamis. Air terjun cantik ini terletak di bawah Gunung Sawal. Tempatnya yang tersembunyi, sangat cocok untuk dikunjungi oleh para petualang.

Curug Dawuan terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku. Lokasinya cukup dekat dari perkotaan, sekitar setengah jam dari pusat perkotaan Ciamis. Ada dua alternatif jalan, pertama ke arah Kawali lalu ke Desa Cipaku atau ke jalan Sadananya.  

Untuk menunju lokasi dari jalan terakhir kendaraan, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer. Wisatawan masuk ke hutan kaki Gunung Sawal yang masih asri dan indah. Sensasi berada di alam liar akan dirasakan para pengunjung.

Curug Dawuan Cocok Untuk Basah-basahan

Sesampainya di lokasi Curug Dawuan Ciamis, pengunjung akan disambut dengan jernihnya air yang bersumber dari pegunungan langsung. Suhu air cukup dingin dan sejuk. Di tempat ini wisatawan bisa berenang atau hanya sekadar basah-basahan.

Keberadaan curug ini sudah diketahui warga sekitar sejak lama. Namun baru 3 bulan curug ini dibuka untuk umum dan dikelola para pemuda setempat. Akses di area curug kini lebih gampang, karena pengelola kini telah menyediakan jembatan bambu.

Tiket masuknya pengunjung hanya cukup mengeluarkan uang Rp 3 ribu per orang. Sedangkan di tempat parkir hanya Rp 2 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. Namun sayangnya di lokasi curug belum ada pedagang yang berjualan. Sehingga pengunjung harus membawa perbekalan dari rumah.

Curug Dawuan Ciamis Mulai Dikelola saat Pandemi Covid-19

Agil, pemuda setempat mengatakan ide pembukaan air terjun ini menjadi lokasi wisata disaat pandemi Corona. Karena kondisinya tidak bisa leluasa beraktivitas, lalu pemuda pergi ke hutan untuk kemudian menata curug tersebut.

“Dibuka sekitar 3 bulanan kemarin. Jadi ditata saat pandemi corona. Kalau sebelum-sebelumnya pemuda dan warga disini sering ke lokasi. Karena berpotensi jadi lokasi wisata. Sekarang lumayan ramai, terlebih banyak di ungkah di media sosial,” katanya.

Kurnia, seorang pengunjung warga Ciamis mengaku terpesona dengan keindahaan Curug Dawuan Ciamis ini. Lokasinya masih bersih dan asri membuat betah berlama-lama di lokasi tersebut.

“Semoga Pemerintah melihat potensi ini dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Ciamis. Tapi hanya pesan saya, jangan terlalu banyak membangun agar keaslian area curug ini tetap terjaga dan alami,” pungkasnya. *CN/Djavatoday

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Pasar Apung Malang, Kuliner 6 Negara dalam 1 Tempat

Pasar Apung Malang merupakan sebuah pasar yang menjadi rangkaian terakhir dalam wisata museum angkut. Objek wisata ini menawarkan sensasi berbelanja yang berbeda karena setiap...

The Legend Stars Park: Wahana, HTM, hingga Lokasi

The Legend Stars Park merupakan sebuah objek wisata kekinian yang menawarkan banyak spot wisata yang edukatif. Objek wisata ini memiliki daya tarik utama berupa...

Terpopuler

Lainnya