Rabu, Oktober 27, 2021

Ciamis Masuk Zona Merah, PPKM Diperpanjang Lagi?

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis kembali masuk zona merah COVID-19. Hal ini bukan karena tingginya penambahan kasus tapi Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian ruang perawatan rumah sakit masih tinggi. Rencananya PPKM pun akan diperpanjang.

“Keterisian ruang perawatan rumah sakit masih tinggi. Karena masih banyak yang dirawat. Namun untuk angka penambahan kasus sudah terkendali. Sementara untuk ketersediaan oksigen sama dengan daerah lain, banyak dibutuhkan. Meskipun demikian kita upayakan ketersediannya,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Senin (2/8/2021).

Baca juga:

Terkait berakhirnya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Ciamis Bupati menegaskan selama kasus COVID-19 masih tinggi, PPKM akan diperpanjang.

“PPKM akan terus diperpanjang selama kasus COVID-19 masih tinggi. Setidaknya secara pribadi jangan abai dengan protokol kesehatan. Selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” jelasnya.

Dikatakan Herdiat, mobilitas masyarakat selama PPKM darurat dan level 3 sudah mengalami penurunan. Di beberapa titik keramaian juga sudah tidak ada kerumunan.

“Beberapa fasilitas umum masih tutup. Mobilitas warga juga sudah berkurang.Jadi nanti penutupan atau penyekatan jalan tidak dilakukan lagi. Meskipun demikian tetap patuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Saat ini total kasus COVID-19 sebanyak 12.088. Pasien yang sembuh 10.669 orang. Kasus positif aktif 1.075 dengan rincian dirawat 66 orang dan isolasi mandiri 1.009 orang. Sementara pasien meninggal sebanyak 344 orang.

Sampai saat ini Pemerintah Pusat belum memutuskan PPKM diperpanjang atau tidak. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU