Sabtu, Mei 25, 2024

Ciamis Jadi Penghasil Ayam Pedaging Terbesar Kedua Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ciamis menjadi daerah penghasil ayam pedaging terbesar kedua di tingkat Jawa Barat dan Nasional. Itu menurut data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis yang merujuk data dari BPS tahun 2021.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Nurhidayat menjelaskan populasi ayam pedaging Ciamis mencapai 105 juta ekor per tahun.

“Meski siklusnya berbeda-beda namun untuk data itu per tahun sebanyak 105 juta ekor. Ciamis ini terbesar kedua di tingkat Jabar sekaligus juga Nasional,” ujar Syarief, Selasa (11/4/2023).

Syarief mengatakan jumlah populasi itu dari para peternak di Ciamis yang ada di setiap kecamatan. Namun untuk jumlah peternaknya untuk saat ini masih dilakukan pendataan kembali. Mengingat selama pandemi banyak peternak yang gulung tikar. Ada juga peternak mencoba bangkit kembali di tahun 2023 ini.

“Untuk data peternak belum kami update lagi, ada yang gulung tikar ada juga yang merintis lagi,” kata Syarief.

Tak hanya ayam pedaging, Ciamis juga dikenal sebagai daerah penghasil telur terbesar ke 4 di Jawa Barat. Sebanyak 40 persennya dihasilkan di Kawasan Cigebot, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku.

Sedangkan untuk penghasil ayam ras pedaging terbesar ada di 4 kecamatan. Yakni Kecamatan Rancah dengan populasi 15.893.784 ekor, kemudian Kecamatan Cisaga sebanyak 10.962.000 ekor, Kecamatan Panawangan 11.640.024 ekor dan Kecamatan Kawali 11.266.807 ekor.

“Memang dari 27 kecamatan, populasi ayam pedaging Ciamis itu tersebar di 26 kecamatan. Hanya 1 daerah yang tidak ada yakni di Purwadadi,” ucapnya.

Syarief mengatakan alasan Ciamis jadi penghasil ayam pedaging terbesar kedua di Indonesia karena kultur masyarakat. Warga Tatar Galuh Ciamis umumnya memiliki mata pencaharian pertanian yang sekaligus peternakan di dalamnya.

“Masyarakat Ciamis itu petani dan peternak. Jadi ada beberapa kawasan atau daerah yang memang masyarakatnya itu penghasilannya dari beternak, seperti di Cigebot Muktisari atau di Sadananya,” ucapnya. (Ayu/ADV/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya