Sabtu, Juli 20, 2024

Cerita Warga Cigasong Pamarican Ciamis Dikenal Jadi Perajin Gula Aren

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dikenal sebagai daerah penghasil gula aren. Tepatnya Dusun Cigasong, Desa Mekarmulya. Sejak puluhan tahun warganya telah menjadi perajin gula aren. Lalu bagaimana ceritanya warga Cigasong bisa menjadi perajin guna aren?

Sarpin, salah seorang perajin menuturkan telah menekuni usaha membuat gula aren sudah puluhan tahun. Ia yang juga Ketua RW setiap hari menyadap aren dari pohon nira berbekal jerigen dan sebuah palu kayu.

“Saya menjalani usaha pembuatan gula aren ini sejak mulai berumahtangga sekitar dua puluh tahun yang lalu,”katanya. Selasa (26/12/2023)

Sarpin menceritakan, wilayah Dusun Cigasong khusunya umumnya Desa Mekarmulya merupakan sentra pengrajin gula aren. Bahkan sudah cukup terkenal akan hasil produksinya yang berkualitas.

“Kecamatan Pamarican terkenal akan gula aren nya. Ya dari sini lah membuatnya,” ucapnya.

Sarpin menyebut untuk saat ini gula aren cukup mahal dipasaran. Namun mahalnya gula aren itu tidak dibarengi dengan hasil nira nya karena saat ini mulai mengalami penurun akibat adanya perubahan iklim.

“Dahulu dalam satu pohon Kawung itu bisa menghasilkan 5 sampai 10 leter nira tapi untuk saat ini paling bagus 4 sampai 5 leter,” katanya.

Sarpin menuturkan, walaupun saat ini produksi nira dari hasil sarapan nya mulai mengalami penurunan karena faktor alam. Namun masyarakat Desa Mekarmulya tetap menjalani profesinya sebagai pengrajin gula aren tersebut.

“Karena menjadi pengrajin gula aren ini sudah turun temurun maka warga di sini tetap menjalaninya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...

PAD Ciamis Capai 55,72 Persen dari Target di Semester 1 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis pada semester 1 tahun 2024 mencapai 55,72 persen dari target. Hal itu terungkap saat Badan Pendapatan Daerah...

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya