Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cerita Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya di Ciharalang Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),-  Ada sebuah makam yang menarik untuk dibahas. Tepatnya di Puncak Gunungranji Dusun Cibodas, Desa Ciharalang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Adalah Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya. Konon di tempat ini ada fenomena bau bangkai. Seperti apa ceritanya?

Lokasi Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya dan ratu Pusaka Syarif Hidayatulloh ini asering dikunjungi peziarah pada malam tertentu. Disana mereka berdoa dan thawasulan. Peziarah umumnya datang dari luar daerah.

Seorang warga, Adang, mengatakan para peziarah yang datang umumnya berdoa kepada sang pencipta sekaligus menyampaikan keinginannya. Seperti kenaikan pangkat dan wibawa. 

Menurut cerita, kedua orang tersebut merupakan penyebar agama islam di wilayah Cijeungjing. Sehingg saat ini karomahnya dipercaya masyarakat.

Di Gunungranji juga ada lima makam lainnya, yakni Raden Panji Malela, Raden Panji Wulung, Ratu Ratnaningsih, Prawesti dan Ratu Ratna Inten.

Adang mengatakan ada fenomena unik yang terjadi. Pada sore hari akan tercium bau bunga bangkai. Padahal di lokasi tersebut  tidak ada tanaman bunga tersebut. Bau menyengat itu sering tercium dari pemakaman sampai area persawahan.

Selain itu, keunikan tempat ini bagi orang yang memiliki niat jahat dengan hati yang kotor. Konon orang tersebut tidak akan bisa pulang dari lokasi tersebut ketika melewati makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya dan Ratu Pusaka Syarif Hidayatulloh tersebut. (Alysa/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya