spot_img
Selasa, November 29, 2022
spot_img

Cegah Stunting, Dinkes Ciamis Beri Tips Calon Pengantin Kesehatan Reproduksi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis memberikan sosialisasi soal kesehatan reproduksi kepada calon pengantin. Tujuannya untuk mencegah generasi stunting dan gizi buruk.

Sosialisasi tersebut diberikan saat Kemenag Kabupaten Ciamis menggelar Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi calon pengantin, Kamis (16/6/2022).

Kabid Kesmas Eni Rochaeni yang juga dokter cinta ini menyampaikan janji nikah merupakan awal kesepakatan. Saling memberi ketenangan (sakinah), mengembangkan hubungan atas dasar cinta dan kasih (mawaddah wa Rahmah).

Dalam kesempatan ini dokter cinta memberikan tips pada calon pengantin soal kesehatan reproduksi. Supaya dapat melahirkan generasi sehat, berkualitas dan bebas stunting.

Mulai dari menjalankan Gerakan masyarakat sehat (Germas), menjalankan PHBS Rumah tangga. Melakukan pengecekan kesehatan pasangan calon pengantin. Mempersiapkan gizi termasuk minum TTD dan Asam Folat. Imunisasi T dan menjaga kebersihan organ reproduksi.

“Mengajak semua calon pengantin, setelah menikah nanti untuk rajin datang keposyandu untuk menjaga kesehatan keluarga,” ujar Eni.

Sementara itu, Annisa Potapatria, Nutrisionis Dinkes Ciamis dalam kesempatan ini menyampaikan tentang ASI Ekslusif dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

“IMD yaitu bayi mulai disusui segera setelah dilahirkan tanpa dibersihkan dahulu.Biarkan bayi mencari dan mengisap puting susu walaupun ASI belum keluar,” ujarnya.

Hal ini untuk menjaga kedekatan psikologis antara ibu dan bayi dan mencegah terbuangnya air susu ibu pertama (Kolustrum). Pemberian ASI secara ekslusif adalah bayi hanya diberi ASI saja tanpa tambahan makanan selama 6 bulan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Buka Mimbar Sarasehan KTNA, Bupati Ciamis: Petani Tetap Optimis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan mimbar sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

Penyaluran Bansos di Ciamis, Warga Penerima Manfaat Senang Dapat Tunai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, tampak merasa senang saat menerima penyaluran Bansos tahap akhir tahun...

Peringati HUT Korpri, Bupati Ciamis Berikan Apresiasi kepada 378 Purna Bakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-51, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berikan apresiasi kepada 378 Purna Bakti. Apresiasi itu diberikan setelah Upacara...

Lepas Dua Santri untuk Wakili Jabar di Porsadin, Sekda Ciamis: Sangat Bangga

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Sekda Ciamis melepas dua orang santriwati yang akan menjadi peserta pada Pekan Olahraga dan Seni Diniyah (Porsadin) Nasional tahun 2022. Kedua...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya