Rabu, Oktober 27, 2021

Capaian Vaksinasi Rendah, Ciamis Kembali Masuk PPKM Level 3

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ciamis kini masuk dalam PPKM level 3 setelah sebelumnya beberapa pekan berada pada level 2. Hal ini bukan karena kasus penambahan Covid-19 meningkat, tapi capaian vaksinasi yang masih rendah.

Sekda Ciamis Tatang membenarkan Kabupaten Ciamis kini kembali harus memberlakukan PPKM level 3. Tapi meski demikian, angka kasus penambahan Covid-19 sudah landai dan keterisian BOR rumah sakit pun sudah rendah.

Baca juga:

“Jadi ada indikator baru untuk PPKM level 2 itu capaian vaksinasi harus 50 persen dosis 1. Sedangkan untuk Kabupaten Ciamis capaian vaksinasi masih rendah, baru 35 persen,” ujar Tatang, Selasa (5/10/2021).

Syarat lainnya yang masih belum terpenuhi Ciamis adalah vaksinasi lansia. Dari ketentuan PPKM level 2 adalah 40 persen, Ciamis baru 19 persen.

Sementara Kadis Kesehatan Ciamis Yoyo menjelaskan dari target vaksinasi Ciamis 998.328 orang. Saat ini baru mencapai 350.449 orang. Sedangkan untuk mencapai target 50 persen, Ciamis butuh 150 ribu dosis vaksin.

“Kita membutuhkan sekitar 90 ribu dosis vaksin. Kita akan upayakan mencari ke pemerintah provinsi dan pusat,” jelasnya.

Target 50 persen vaksinasi ini harus tercapai dalam waktu 2 Minggu. Supaya Ciamis kembali ke level 2. Untuk itu, Dinkes akan berupaya kerja sama dengan lintas sektor, seperti Camat, Desa, TNI-Polri.

Yoyo pun mengajak masyarakat dan para lansia untuk mau ikut vaksinasi. Dengan datang ke Puskesmas wilayahnya. Saat ini Pemkab Ciamis gencar menggelar kegiatan vaksinasi agar capaian tidak rendah

“Semoga vaksinnya juga tersedia, pasokan dari pemerintah pusat dan provinsi terus datang,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU