Senin, Juni 17, 2024

Bus Wisata Gatrik Uji Trip ke Kampung Kerukunan Ciamis, Jadi Destinasi Baru

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Ciamis berita berinovasi untuk meningkatkan sektor wisata di Kabupaten Ciamis. Salah satunya dengan melakukan uji trik Bus Wisata Gatrik ke Kampung Kerukunan Ciamis.

Diketahui, sebelumnya BP2D telah meluncurkan program Outing Class dengan sasaran anak-anak usia dini dan pelajar.

Uji trip ini juga dilakukan dalam rangka menjadikan Kampung Kerukunan sebagai tempat destinasi wisata baru. Sehingga menjadi bagian dari sektor Pariwisata Kabupaten Ciamis.

Kampung Kerukunan beradi di Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah meresmikan kampung tersebut pada April 2022 lalu.

Di kampung ini terdapat empat rumah ibadah yang saling berdampingan. Keempatnya yaitu Masjid Jami Al Mujahidin, Gereja Katolik Santo Yohanes, Kelenteng Hok Tek Bio, dan Litang Khonghucu. Warga di Kampung Lebak ini tetap menjaga kerukunan umat beragama selama puluhan tahun.

“Uji trip ini merupakan permintaan dari Dinas Pariwisata Ciamis kepada Badan Kesbangpol Ciamis,” ujar Ketua BP2D Ciamis Endang Haris Juandana, Minggu (14/1/2024).

Endang menyebut melalui uji trip tersebut, BP2D dan Dinas Pariwisata Ciamis juga ingin lebih mengenal dengan baik nilai-nilai toleransi. BP2D ke depannya dapat mengenalkan nilai-nilai toleransi itu kepada masyarakat khususnya, dan umumnya kepada wisatawan luar daerah.

“Sasaran yang bisa diajak untuk trip ini adalah para wisatawan Ciamis maupun masyarakat umum yang sedang bermain ke Ciamis,” ungkapnya.

Trip Kampung Kerukunan bertujuan untuk mengenalkan bahwa Ciamis memiliki berbagai macam adat budaya serta agama yang dianut.

Endang menjelaskan, hal menarik dari Kampung Kerukunan ini adanya 4 rumah ibadah yang berdekatan. Masyarakat di sana sudah berpuluh-puluh tahun hidup secara berdampingan, berbaur dalam kehidupan sosial, bersama dalam kebaikan. Masyarakat tetap memegang teguh keyakinan masing-masing.

Bagi yang mau ikut trik Bus Wisata Gatrik ke Kampung Kerukunan bisa datang langsung ke Kantor Touris Information Center (TIC) Ciamis di dekat komplek Islamic Center Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya