Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bupati Ciamis Launching Buku Sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Banyaknya kontroversi yang terjadi beberapa bulan kebelakang tentang sejarah galuh oleh orang luar membuat masyarakat Ciamis geram.  Mengantisipasi hal itu, Pemkab Ciamis kini resmi launching buku sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa, Selasa (22/12/2020).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan buku sejarah Galuh ini paling tidak dapat mendekati sejarahnya. Agar tidak rancu serta banyak yang mengklaim dengan terbitnya buku Galuh dari masa ke masa ini.

Menurut Herdiat Galuh ada dan pernah ada di Ciamis.  Sebagai warga tatar Galuh Ciamis tentu sangat banga karena sejarah Ciamis telah dituangkan dalam sebuah buku sejarah Galuh ini.

“Buku ini memiliki 307 halaman yang didalamnya dijelaskan secara ilmiah tentang perkembangan Galuh dari masa prasejarah sampai saat ini. Buku ini disusun sebagai salah satu upaya untuk menyajikan buku sejarah yang komprehensif yang dibuat dijadikan sebagai buku pedoman bagi generasi penerus,” ucap Herdiat.

Menurutnya ,buku ini akan menjadi pembuka bagi penguatan jati diri masyarakat Ciamis yang sampai sekarang masih menjunjung tinggi serta menjalankan nilai-nilai kegaluhan yang ada.

“Semoga dengan terbitnya  buku  sejarah Galuh Dari Masa Kemasa ini masyarakat Ciamis terus selalu melestarikan dan menjaga sejarah Galuh. Sehingga tidak ada lagi orang luar yang mengutak-atik lagi tanpa dasar yang jelas,” ucapnya.

” Mari kita jaga sejarah di tatar Galuh Ciamis ,karena siapa yang bisa menghormati sejarah adalah orang yang sangat kaya yang tidak ternilai dengan apapun. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah,” jelasnya. (Rizky/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya