Kamis, Juli 18, 2024

Bupati Ciamis Launching Buku Sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Banyaknya kontroversi yang terjadi beberapa bulan kebelakang tentang sejarah galuh oleh orang luar membuat masyarakat Ciamis geram.  Mengantisipasi hal itu, Pemkab Ciamis kini resmi launching buku sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa, Selasa (22/12/2020).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan buku sejarah Galuh ini paling tidak dapat mendekati sejarahnya. Agar tidak rancu serta banyak yang mengklaim dengan terbitnya buku Galuh dari masa ke masa ini.

Menurut Herdiat Galuh ada dan pernah ada di Ciamis.  Sebagai warga tatar Galuh Ciamis tentu sangat banga karena sejarah Ciamis telah dituangkan dalam sebuah buku sejarah Galuh ini.

“Buku ini memiliki 307 halaman yang didalamnya dijelaskan secara ilmiah tentang perkembangan Galuh dari masa prasejarah sampai saat ini. Buku ini disusun sebagai salah satu upaya untuk menyajikan buku sejarah yang komprehensif yang dibuat dijadikan sebagai buku pedoman bagi generasi penerus,” ucap Herdiat.

Menurutnya ,buku ini akan menjadi pembuka bagi penguatan jati diri masyarakat Ciamis yang sampai sekarang masih menjunjung tinggi serta menjalankan nilai-nilai kegaluhan yang ada.

“Semoga dengan terbitnya  buku  sejarah Galuh Dari Masa Kemasa ini masyarakat Ciamis terus selalu melestarikan dan menjaga sejarah Galuh. Sehingga tidak ada lagi orang luar yang mengutak-atik lagi tanpa dasar yang jelas,” ucapnya.

” Mari kita jaga sejarah di tatar Galuh Ciamis ,karena siapa yang bisa menghormati sejarah adalah orang yang sangat kaya yang tidak ternilai dengan apapun. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah,” jelasnya. (Rizky/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya