Selasa, Juni 25, 2024

Bupati Ciamis Dapat Penghargaan Apresiasi Pembina Proklim dari KLHK

Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kembali berprestasi di kancah nasional. Bupati Ciamis dapat  Penghargaan  Apresiasi Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2020 dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Penghargaan ini diberikan saat kegiatan penghargaan Proklim saat acara puncak Festival Iklim 2020 secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap berbagai kebijakan yang dikeluarkan dalam menurunkan emisi gas rumah kaca atau emisi karbon. Serta pengendalian iklim pada tingkat wilayah. Untuk wilayah Jabar, Bupati Ciamis merupakan satu-satunya Kepala Daerah yang mendapat penghargaan ini.

Tahun sebelumnya, ada dua daerah di Jabar yang mendapat penghargaan Proklim tingkat Jabar. Penyerahan penghargaan pada saat Hari Air Sedunia di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Kepala Dinas DPRKPLH, Taufik Gumelar menuturkan Bupati Ciamis dapat penghargaan ini karena konsisten dalam  mengeluarkan kebijakan  terkait penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Sekaligus dalam Pengendalian Perubahan iklim di tingkat tapak.

Kebijakan dari Bupati Ciamis salah satunya dengan pemanfaatan sumber daya alam berbasis pembangunan berkelanjutan. Hal itu tertuang dan tersusun dalam RPJMD misi ke empat.

Herdiat pun mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan program kampung iklim dan tentang penetapan lokasi program kampung iklim di Ciamis tahun 2020.

“Ciamis aktif mengikuti program Proklim setiap tahun sejak 2013 lalu sampai sekarang. Saat ini Ciamis telah mendapat penghargaan trophy serta sertifikat di 10 lokasi, 3 diantaranya pada tahun 2020,” katanya.

Tiga daerah itu antara lain, Dusun Pasirpeuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis. Dusun Antralina, Desa Sumberjaya, Cihaurbeut dan Pasirtamiang Tonggoh, Desa Pasirtamiang, Cihaurbeuti.

Dengan raihan ini, sampai dengan tahun 2020, Pemkab Ciamis telah mengusulkan Proklim sebanyak 28 lokasi yang telah diverifikasi. (AY/CN/DJavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya