Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bupati Ciamis Dapat Penghargaan Apresiasi Pembina Proklim dari KLHK

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kembali berprestasi di kancah nasional. Bupati Ciamis dapat  Penghargaan  Apresiasi Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2020 dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Penghargaan ini diberikan saat kegiatan penghargaan Proklim saat acara puncak Festival Iklim 2020 secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap berbagai kebijakan yang dikeluarkan dalam menurunkan emisi gas rumah kaca atau emisi karbon. Serta pengendalian iklim pada tingkat wilayah. Untuk wilayah Jabar, Bupati Ciamis merupakan satu-satunya Kepala Daerah yang mendapat penghargaan ini.

Tahun sebelumnya, ada dua daerah di Jabar yang mendapat penghargaan Proklim tingkat Jabar. Penyerahan penghargaan pada saat Hari Air Sedunia di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Kepala Dinas DPRKPLH, Taufik Gumelar menuturkan Bupati Ciamis dapat penghargaan ini karena konsisten dalam  mengeluarkan kebijakan  terkait penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Sekaligus dalam Pengendalian Perubahan iklim di tingkat tapak.

Kebijakan dari Bupati Ciamis salah satunya dengan pemanfaatan sumber daya alam berbasis pembangunan berkelanjutan. Hal itu tertuang dan tersusun dalam RPJMD misi ke empat.

Herdiat pun mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan program kampung iklim dan tentang penetapan lokasi program kampung iklim di Ciamis tahun 2020.

“Ciamis aktif mengikuti program Proklim setiap tahun sejak 2013 lalu sampai sekarang. Saat ini Ciamis telah mendapat penghargaan trophy serta sertifikat di 10 lokasi, 3 diantaranya pada tahun 2020,” katanya.

Tiga daerah itu antara lain, Dusun Pasirpeuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis. Dusun Antralina, Desa Sumberjaya, Cihaurbeut dan Pasirtamiang Tonggoh, Desa Pasirtamiang, Cihaurbeuti.

Dengan raihan ini, sampai dengan tahun 2020, Pemkab Ciamis telah mengusulkan Proklim sebanyak 28 lokasi yang telah diverifikasi. (AY/CN/DJavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya