Minggu, Mei 26, 2024

Bukit Baros Ciamis: HTM, Camping, hingga Lokasi

Bukit Baros Ciamis merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus bumi perkemahan yang letaknya berada di ketinggian. Tempat berkemah yang berlokasi di kaki Gunung Sawal ini resmi beroperasi sejak 2020 oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunaryna. Sejak saat itu, tempat ini makin ramai oleh wisatawan, terlebih penataan tempat ini yang makin rapi menjadi daya tariknya tersendiri. Terutama penataan fasilitas untuk berkemahnya yang berdiri di lahan seluas sekitar lima belas hektare ini.

Selain terkenal sebagai bumi perkemahan yang nyaman, tempat ini juga populer sebagai tempat nongkrong di ketinggian. Pengunjung bisa datang untuk sekedar berwisata menikmati keindahan alam dan kesegaran hawa sejuknya. Pemandangan dari bukit ini memang tak lagi harus Anda ragukan, lanskap pegunungan hijau siap memanjakan mata wisatawan.Apalagi saat lautan awan dan kabut muncul menghiasi panoramanya.

Bagi Sobat Djava yang ingin berkemah sembari berwisata alam, Bukit Baros Ciamis bisa menjadi alternatif pilihan. Namun, berapa harga tiket masuk ke tempat ini? Temukan jawabannya di bawah ini beserta informasi penting lainnya, ya!

Baca juga: Curug Tujuh Cibolang, Pesona Air Mata Raja

Daya Tarik Bukit Baros Ciamis

Menghirup udara segar di tengah pegunungan agaknya menjadi aktivitas yang mengasyikkan, ya, Sobat Djava. Apalagi sembari menikmati sajian matahari terbit yang muncul dari sela-sela pucuk pegunungan di kejauhan. Begitupun sembari memandang keindahan langit jingga saat senja tiba, view-nya sangat memanjakan mata. Cocok bagi Sobat Djava yang ingin menenangkan diri dan menjernihkan pikiran yang mungkin sedang penuh dengan beban kehidupan.

Tak perlu jauh-jauh untuk menemukan tempat dengan ragam keindahan alam tersebut, cukup berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat saja. Kabupaten yang memiliki ragam wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Bukit Baros Ciamis yang menyajikan berbagai view eksotis. Seperti keindahan Gunung Ceremai, pegunungan yang hijau, pesawahan, hingga lautan city lights saat malam hari. Jika beruntung, Sobat Djava bahkan dapat menyaksikan pesona lautan awan dan keindahan Situ Lengkong dari ketinggian bukit ini.

Selain beberapa daya tarik tersebut, masih ada hal menarik lain yang menunggu di bukit tersebut. Di antaranya adalah aksi paralayang tak jarang hadir di bukit ini. Para pemuda di kampung ini juga menambah daya tarik tempat ini dengan sering kali menerbangkan layang-layang naga dengan panjang hingga 65 meter, lho! Ini tentu menarik bagi wisatawan dan dapat menjadi spot foto yang instagramable.

Camping Ground

Bukit Baros Ciamis merupakan sebuah bumi perkemahan atau camping ground dengan luas lahan sekitar lima belas hektare. Dengan luas tersebut, tempat ini dapat menampung hingga sekitar 100 tenda, Sobat Djava. Bisa Anda gunakan untuk acara berkemah sembari gathering atau kegiatan perkemahan anak sekolah. Fasilitasnya pun cukup lengkap dan memadai, sehingga sangat recommended.

Dengan bermalam di sini, Sobat Djava akan merasakan sensasi nuansa alam yang kental. Anda dapat berburu sunset dan sunrise yang indah serta mengabadikan momennya dengan lensa kamera. Saat malam hari, Anda dapat bersenang-senang dengan menyalakan api unggun, masak barbeku, bernyanyi bersama teman, sembari menikmati syahdunya city lights.

Fasilitas dan Jam Operasional

Terdapat beberapa fasilitas yang telah tersedia di objek wisata sekaligus bumi perkemahan Bukit Baros Ciamis. Mulai dari musala, area parkir kendaraan roda dua maupun roda empat, toilet, aliran listrik, warung, gazebo, hingga penyewaan tenda. Beberapa spot foto pun tersedia, tetapi lanskap pegunungannya pun sudah cukup menjadi background foto yang cantik.

Adapun jam operasional Bukit Baros Ciamis untuk wisata umum adalah mulai pukul 07.00-19.00 WIB setiap hari. Sementara untuk bumi perkemahan akan tetap buka selama 24 jam setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini adalah saat pagi atau sore hari dan malam hari saat city lights mulai terlihat.

HTM dan Lokasi

Tak perlu membayar mahal untuk bisa bersantai di bukit ini. Hanya dengan Rp5.000 saja per orangnya, Anda bisa berwisata sepuasnya. Jika membawa kendaraan, ada biaya parkir tambahan, Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sementara itu, biaya untuk mendirkan tendanya adalah Rp10.000 per tenda. Jika ingin menyewa dengan tendanya, cukup membayar Rp50.000 per tenda, sangat terjangkau bukan?

Tertarik berlibur di Bukit Baros Ciamis? langsung saja datang ke lokasinya di Jl. Baros, Ciomas, Kec. Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46264. Sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Ciamis. Hubungi nomor 089636364869 untuk info reservasi dan informasi lainnya lebih lanjut. (Ris/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya