Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Buka Pesona Galuh Bonsai Festival, Sekda Ciamis: Tumbuhkan Cinta Bonsai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mewakili Bupati, Sekda Ciamis Tatang membuka Pameran Nasional Pesona Bonsai Galuh Festival 2021, Taman Lokasana Ciamis, Minggu (24/10/2021).

“Festival ini sebagai ajang menumbuhkan cinta dan unjuk kreatifitas pengrajin bonsai,” ujarnya.

Baca juga:

Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) sebagai penyelenggara event nasional ini. Sekda berharap kegiatan ini dapat menunjang program pariwisata, lingkungan hidup, seni dan budaya.

“Ini akan menjadi daya tarik bagi para penghobi bonsai dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Ciamis sehingga nilai ekonomis bonsai juga semakin meningkat,” imbuhnya.

Menurutnya seni bonsai semakin banyak penggemarnya. Karena nilai estetika dan cita rasa seninya yang tinggi. Selain nilai ekonomisnya yang cukup menjanjikan sehingga dapat meraup keuntungan yang lebih.

“Bonsai bisa menjadi alternatif usaha rumahan terlebih di masa pandemi seperti ini. Harapannya bisa terus dikembangkan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat Ciamis,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Pesona Bonsai Galuh Festival Andang Irfan Sahara mengatakan pameran nasional ini dilaksanakan hampir dua pekan.

Menurutnya ada 645 pohon bonsai dengan berbagai kategori kelas. Antara lain kelas utama, kelas regional, kelas prosfek dan kelas bintang.

“Dengan pameran seperti ini bonsai bukan lagi hanya sekedar hobi, melainkan bisa memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan,” jelasnya.

Andang juga berharap Ciamis mempunyai sentra bonsai. Sehingga kedepannya bisa menjadi kabupaten bonsai.

“Semoga geliat bonsai di Ciamis semakin baik, bisa bernilai ekonomi dan menjadikan Ciamis sebagai kabupaten bonsai,” pungkas saat kegiatan Pesona Bonsai Galuh Festival. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU