Kamis, Mei 30, 2024

Buaya Muara Diamankan Bidang KSDA Ciamis Hasil Penyerahan Warga

Ciamis (Djavatoday.com),- Seekor Buaya Muara berhasil diamankan oleh Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis. Buaya tersebut hasil penyerahan warga Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

KSDA III Ciamis BBKSDA Jabar pun kini telah mengamankan seekor burung kakaktua dan dua ekor kukang. Semua satwa dilindungi ini sebelumnya dipelihara oleh warga sejak kecil, namun setelah menyadari kesalahannya warga langsung menyerahkannya. Karena memelihara satwa dilindungi dilarang.

Buaya Muara  diserahkan warga Banjarsari, usianya  buaya  betina ini 2 tahun.  Sedangkan Kakaktua Maluku diserahkan warga Kecamatan Tambaksari. Dan  Kukang Jawa dari masing-masing warga Sukadana dan Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Staff Bidang KSDA Wilayah III Ciamis Deden Nurhidayat menjelaskan satwa yang diserahkan warga ini dipelihara dari kecil. Namun ketika besar kebutuhan pakan semakin besar dan tidak terkontrol akhirnya warga menyerahkannya.

“Kita akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa memelihara satwa liar dan dilindungi itu dilarang. Bagi yang masih memelihara silahkan segera menyerahkannya ke Bidang KSDA wilayah III,” ujar Deden, Rabu (14/10/2020).

Deden mengatakan dengan penyerahan satwa dilindungi sebagai bukti kesadaran masyarakat semakin meningkat. Bahwa memelihara satwa dilindungi tidak dibenarkan.

“Untuk tindaklanjutnya, Buaya Muara ini sementara kita rawat sekaligus menganalisa kondisi kesehatannya. Kemudian kita akan titip rawatkan ke lembaga konservasi untuk  rehabilitasi lalu dilepasliarkan,” tegasnya.  (CN/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya