spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

Bocah Meninggal Gegara Ponsel Meledak, Disdik Ciamis Beri Imbauan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bocah kelas 3 SD di Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal dunia gegara ponsel meledak. Merespon kejadian itu, Dinas Pendidikan Ciamis pun langsung memberikan imbauan ke sekolah.

“Mengimbau para guru untuk memberikan pemahaman kepada anak dalam penggunaan HP. Supaya pada saat menggunakan HP lebih teratur,” ujar Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat, Jumat (5/8/2022).

Menurut Asep, sebaiknya anak-anak menggunakan ponsel sesuai kebutuhan. Misalnya untuk sarana belajar. Bisa juga untuk hiburan namun harus ada batasannya.

“Kalau untuk belajar, gunakan untuk belajar dengan serius jangan sambil tiduran apalagi HP-nya sambil dicas. Ketika ada arus pendek (korslet) itu berbahaya,” ungkapnya.

Baca Juga: Ponsel Meledak, Bocah SD di Ciamis Meninggal Dunia

Tak hanya itu, Asep pun mengimbau jangan menggunakan ponsel saat berkendara dan jalan kaki. Hal itu dapat membahayakan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Jangan lagi ada insiden ponsel meledak seperti sebelumnya.

“Kami tekankan kepada guru sekolah dapat memberikan pemahaman kepada anak dan orang tua untuk membatasi penggunaan HP,” katanya.

Asep pun mengakui ponsel saat ini perlu dalam pembelajaran. Melalui ponsel jadi media belajar, apalagi sekarang anak-anak sudah memiliki akun untuk membuka materi pelajaran.

“Dalam penggunaannya itu harus ada kontrol tidak terus menerus. Memang apapun itu kalau tidak ada kontrol, termasuk HP memang berbahaya,” ucapnya.

Guru diminta untuk menyampaikan kepada orang tua siswa agar menggunakan ponsel seefektif mungkin dan dibatasi. Gunakan untuk komunikasi dan belajar.

“Kita semua harus berperan untuk sama-sama mengawasi agar kejadian seperti ini tidak kembali terjadi,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Warga Panyingkiran Ciamis Ikuti Vaksinasi Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah warga Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali mengikuti vaksinasi massal. Kegiatan vaksinasi tersebut digelar oleh Polres Ciamis,...

Pengunjung Bisa Makan Gratis di Kafe Situ Wangi Ciamis, Asalkan..

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. Seperti Kafe Waroeng Z6 di Obyek Wisata Situ Wangi...

Hadiri Kegiatan Gebyar Shalawat, Ini Pesan Wakil Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Wakil Bupati Ciamis hadiri kegiatan Gebyar Shalawat dan Tabligh Akbar di Halaman Masjid Agung Ciamis, Sabtu (13/8/2022) malam. Kegiatan tersebut dalam...

Mengintip Kampung Angklung Ciamis, Yuk Kunjungi!

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi yang belum tahu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, juga ternyata memiliki Kampung Angklung. Lokasinya berada di Nempel, Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis. Perintis...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya