Kamis, Mei 30, 2024

Bingung Wisata Akhir Tahun? Ciamis Gelar Even Galuh Travel Mart

Berit Ciamis (Djavatoday),- Even Galuh Travel Mart diharapkan manarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Ciamis. Even tersebut digelar Pemkab Ciamis melalui Badan Promosi Wisata (BPPD). Dibuka secara virtual melalui zoom dan Youtube di Touris Informasi Center (TIC) Ciamis, Senin (14/12/2020)

Even tersebut dibuka dengan ragam penampilan kesenian khas Galuh Ciamis. Beserta penanyangan destinasi wisata dan sejarah kebesaran Galuh. Kemudaian dilanjutkan talkshow live yang dibawakan oleh pembawa acara kondang Eddy Brokoli dan Hani Mulyani.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis Endang Haris Djuanda mengatakan, even Galuh Travel Mart menyuguhkan potensi wisata Di Ciamis. Baik wisata buatan maupun warisan alam.

“Tatar Galuh Ciamis memiliki potensi berlimpah pada sektor wisata. Kita harap para Traveler penasaran dengan suguhan wisata yang ada di Ciamis. Selain menyuguhkan wisata alami yang asri, wisata buatanya pun tak kalah menarik untuk dikunjungi,” kata Endang.

Tatar Galuh Ciamis bertabur wisata sejarah dan religi. Ada pusat Kerjaaan Galuh di situs Budaya Astana Gede Kawali dan Ciung Wanara. Ada wisata religi yakni Situ Lengkong Panjalu, dan banyak lagi yang dapat di explore.

“Bukan hanya itu, Galuh Ciamis juga punya wisata rekreasi River Tubing hingga off-road dengan trek yang cukup menantang. Dan juga Arum jeram di Sungai Citanduy,” paparnya.

Sementara untuk wisata alam, Ciamis punya banyak Curug atau air Terjun di kaki Gunung Sawal. Kemudian ada juga hutan Pinus yang menyuguhkan panorama indah seperti Darmacaang Hill dan lokasi lainya.

“Setelah berwisata di Ciamis bisa bawa banyak oleh-oleh khas Tatar Galuh Ciamis. Ada Keripik Pisang, Sale Pisang, tentu ada Galendo khas Ciamis dan ragam makanan ringan lainnya. Ayo mari ke Ciamis dijamin tidak akan menyesal, tapi tentun utamakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Galuh Travel Mart Diharapkan Tumbuhkan Geliat Ekonomi Pada Sektor Wisata

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjelaskan, pada masa pendemi Covid19, dampak ekonomi pada sekot wisata sangat terasa. Dengan digelarnya Galuh Travel Mart diharapkan mampu memulihkan ekonomi pada sektor pariwisata.

“Semogo ekonomi kita kembali bangkit pada sektor wisata, melalui penyelenggaraan even ini,” ujarnya.

Herdiat menjelaskan, ekonomi dalam sektor wisata suda terintegrasi dengan pemerintah setempat. Dari sektor Peternakan, Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian.

” Ada tiga zona wisata yang dikembangkan, Zona Utara dengan wisata alam, sejarah dan religi. Kemudian Wilayah tengah yang terfokus untuk pendidikan, pemerintah dan industri. Lalu Zona selatan mengembangkan wisata alam dengan potensi luar biasa,” paparnya.

Herdiat berharap, penyelenggaraan even Galuh Travel Mart ini bisa memulihkan perekonomian. Dengan membuat promosi wisata yang menarik wisatawan untuk datang ke Ciamis. Tentu dengan protokol kesehatan yang diterapkan. (Ayu/CN/MM/Djavatoday)

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten...

Kodim Ciamis Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Cinyasag Panawangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dan pembentangan bendera raksasa. Kegiatan itu dilaksanakan di Puncak Bukit...

Disdik Ciamis Raih Penghargaan Peningkatan Skor Indeks SPM Pendidikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Peningkatan Skor Indeks Pencapaian (SPM) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan. Penghargaan itu diraih secara berturut-turut pada...

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya