Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berburu Jamur Liar di Kebun Ciamis saat Musim Hujan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Musim hujan merupakan anugerah dari sang pencipta dan sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian warga Ciamis. Setiap musim hujan, Tradisi berburu jamur liar di kebun atau di hutan masih dilakukan masyarakat pedesaan di Ciamis.

Bak berburu harta Karun, warga sejak subuh berangkat dari rumah sengaja menuju kebun untuk mencari jamur di tempat-tempat tersembunyi.

Seperti di dekat rumpun bambu, di tempat yang lembab yang kurang disinari matahari karena lebatnya pepohonan atau pun di tepian jurang. Kenapa harus pagi-pagi? Karena kalau sudah siang biasanya jamur akan membusuk. Menemukan jamur liar merupakan kebahagiaan tersendiri bagi menemukan harga karun.

Ada beberapa jenis jamur yang tidak beracun yang tumbuh. Di Ciamis disebut jamur atau supa suung sanggal, supa bulan dan lainnya. Masyarakat biasanya sudah mengenali mana jamur yang bisa dimakan dan tidak atau beracun.

Seperti yang dilakukan Tatang Basir, warga Linggasari, Kecamatan Ciamis, pada Minggu (18/2/2024) pagi. Sebelum bekerja, ia sengaja pergi ke kebun untuk berburu jamur liar. Alhasil, ia pun menemukan beberapa jamur supa suung sanggal dan supa bulan. Ukurannya cukup besar sekitar telapak tangan orang dewasa.

“Alhamdulillah, lumayan dapat beberapa jamur suung sanggal. Mau saya tumis dan digoreng sama nasi untuk sarapan bersama keluarga,” ungkap Tatang saat ditemui detikJabar disebuah kebun.

Tatang menyebut, jamur yang ia temukan berada dekat di rumpun bambu dan disemak-semak menyatu dengan rumput. Memang tidak mudah untuk berburu jamur, mata harus jeli dan adu cepat dengan warga lainnya.

“Ya harus jeli dan juga harus cepat, kalau tidak ya kalah sama yang lain. Kalau tidak ada yang menemukan pasti busuk. Ada setiap musim hujan,” jelas Tatang.

Menurut Tatang, jamur suung sanggal atau bulan yang ditemukan di kebun memiliki rasa yang enak dan tak kalah dengan daging ayam.

“Ini kan jamur tidak beracun, jadi mengolahnya cukup dicuci lalu dipotong-potong, bisa ditumis, dipais (pepes) atau digoreng dengan nasi,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya