Minggu, Juni 16, 2024

Bentuk Satgas Covid-19 Sekolah, SMP di Ciamis Siap Tatap Muka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa SMP di Kabupaten Ciamis menyambut baik kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang membolehkan sekolah tatap muka di tahun 2021.  Bahkan SMPN 1 Ciamis membentuk Satgas Covid-19 Sekolah. 

Kepala SMP Negeri 1 Ciamis Agus Sumantri menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan sejak lama dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar saat Pandemi Covid-19.

“Kami telah bentuk Satgas Covid-19 Sekolah. Dalam hal ini kami bekerja sama dengan pihak Puskesmas Ciamis. Kami pun menyiapkan ruang kelas agar hanya diisi oleh 50 persen siswa dari total yang ada. Juga kami siapkan tempat cuci tangan setiap kelas,” katanya, Senin (23/11/2020).

Persiapan lainnya, sekolah pun menyediakan masker untuk para peserta didik. Akan melakukan pengecekan suhu dengan thermo gun pada pintu gerbang. Selain itu, pihak sekolah juga menyediakan ruang isolasi ketika ada siswa yang mengalami gejala bisa langsung ditangani sementara. 

“Jadi Satgas Covid-19 Sekolah ini akan siap siaga melakukan penanganan bila ada siswa yang bergejala. Juga melakukan pengawasan terhadap protokol kesehatan di sekolah. Hal ini tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 di sekolah,” jelas Agus. 

Dalam hal teknis dan strategi pelaksanaan belajar di sekolah, SMP Negeri 1 Ciamis sudah siap melaksanakan penjadwalan. Tidak semua akan melaksanakan tatap muka tapi digilir dengan sistem daring . Sekolah tatap muka akan diberlakukan bergantian per tingkatan setiap harinya. 

“Kalau kelas 7 masuk tatap muka, maka untuk kelas 8 dan kelas 9 itu melaksanakan daring di rumah. Dan begitu seterusnya secara giliran setiap hari,” ungkapnya. 

Satgas Covid-19 sekolah juga akan selalu melakukan sterilisasi  ruang kelas menggunakan cairan desinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan belajar tatap muka. 

“Tentu persiapan ini kami lakukan, kalau nantinya Pemkab Ciamis sudah mengizinkan sekolah melaksanakan belajar tatap muka. pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat siap kami lakukan,” tegasnya.  (AY/CN/Djavatoday) 

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya