spot_img
Sabtu, Juli 2, 2022
spot_img

BCL Award Germas Challenge Dimulai, Dinkes Ciamis Buka Pendaftaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinkes Ciamis mulai menggelar BCL Award Germas Challenge dalam rangka hari jadi Ciamis ke-380. Tahap awal ini panitia melaksanakan skrining atau pemeriksaan kesehatan kepada para pegawai, Senin (23/5/2022). Kegiatan digelar di halaman kantor Dinkes Ciamis, tujuannya guna mengantisipasi penyakit tidak menular.

Kegiatan ini juga sebagai implementasi Perbup Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Ciamis.

Kadinkes Ciamis Yoyo mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Menurutnya, skrining tidak hanya bagi lingkungan pegawai, namun terbuka bagi masyarakat umum.

Yoyo berharap masyarakat aktif memeriksakan kesehatan secara rutin walau tidak sakit serta menerapkan pola hidup sehat.

“Sekarang ini penyakit tidak menular cukup tinggi dari mulai darah tinggi, kencing manis hingga stroke. Skrining ini merupakan bagian dari pencegahan,” jelasnya.

Yoyo menegaskan pemeriksaan kesehatan ini gratis atau tidak ada pungutan biaya. Warga tinggal datang ke kantor Dinas Kesehatan maupun puskesmas.

BCL Award Germas Challenge ini semoga bisa menjadi sarana deteksi kesehatan sejak awal. Sehingga bisa melakukan langkah pencegahan, antisipasi dan pengobatan lebih lanjut.

Sementara itu Kabid Kesehatan Masyarakat Eni Rochaeni mengatakan Bersama Cegah Lemak berlebih (BCL) Award Germas Challenge ini untuk menjaga warga agar tetap sehat. Sehingga dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Persyaratan BCL Award Germas Challenge

Persyaratan untuk mengikuti BCL Award Germas Challenge tersebut antara lain adalah warga Ciamis baik laki-laki/perempuan memiliki berat badan minimal 80 Kg atau Indeks Masa Tubuh (IMT) lebih dari 25 kg/m2 dengan lingkar perut P 80cm L 90cm.

Mengikuti skrining awal pada saat pendaftaran, untuk tempat pendaftaran dan pengukuran lingkar perut. Mulai tanggal 23-24 Mei 2022, jam 09.00-14.00 WIB.

“Periode Challenge tanggal 25 Mei sampai 07 Juni 2022. Para peserta harus membuat dokumentasi harian mengenai usaha untuk menurunkan berat badan. Seperti konsumsi harian, aktivitas fisik/olahraga dan lainnya. Dokumen bisa berupa foto dengan format file jpg maupun video yang berdurasi maksimal 30 detik,” jelasnya.

Dokumentasi upaya Germas dikirim setiap hari melalui link bit.ly/bclgermas dengan menyertakan nama lengkap dan nomor pendaftaran. Untuk skrining akhir Challenge akan dilaksanakan pada 07 Juni 2022 mulai jam 09.00 WIB di Halaman Kantor Dinkes Ciamis.

Untuk peserta yang tidak melakukan skrining akhir akan gugur. Tidak boleh minum obat/minuman pelangsing dan sejenisnya. Pemenang akan diumumkan pada acara puncak hari jadi Ciamis ke-380 dan ada hadiahnya juga

“Kami mengajak masyarakat untuk mengikuti tantangan ini. Ada hadiah uang pembinaan Germas sebesar Rp.3 juta dan hadiah menarik lainnnya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pendaftaran MyPertamina Dimulai, Warga Ciamis Kesulitan Mendaftar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pertamina mulai membuka pendaftaran aplikasi MyPertamina untuk penerima BBM bersubsidi. Salah satu daerah yang akan menerapkannya adalah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,...

Mahasiswa Sosialisasikan Pentingnya Nomor Induk Berwirausaha ke Pelaku UMKM Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelar kegiatan refleksi Bung Karno pada Kamis (30/6). Kegiatan ini digelar di Desa Bahara, Kecamatan Panjalu,...

Lulusan Sekolah di Ciamis Serbu Disnaker Bikin Kartu Pencari Kerja

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah lulus sekolah, lulusan SMK/SMA di Kabupaten Ciamis menyerbu kantor Dinas Tenaga Kerja untuk membuat kartu kuning atau pencari kerja. Banyak...

Jadi Ketua Partai Demokrat Ciamis, Anjar Asmara Silaturahmi ke Ulama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada 28 Juni 2022, Anjar Asmara resmi ditetapkan sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis untuk periode 2022-2027. Anjar pun kemudian langsung...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya