Kamis, Mei 30, 2024

Bank Sampah Ciamis, Sarana Untuk Edukasi dan Berdayakan Warga

Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Ciamis merupakan tempat mengelola sampah yang langsung dikelola oleh Pemkab Ciamis. Yang tujuannya untuk mengedukasi sekaligus memberdayakan warga dalam hal pengelolaan sampah yang telah dipilah. Juga dapat menjadi pengasilan tambahan.  

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno mengatakan sarana ini untuk edukasi masyarakat tentang berbagai cara pengelolaan sampah. Mulai dari memilah hingga bisa menjadi sebuah produk dengan nilai ekonomis tinggi.

“Bank Sampah Ciamis adalah yang pertama di Indonesia pengelolaannya langsung oleh Pemda,” ujar Giyatno, Selasa (20/10/2020).

Sampah yang telah dipilah dibawa ke Bank Sampah untuk ditimbang dan dicatat menjadi tabungan warga. Selain menghasilkan tambahan penghasilan juga pihak pengelola menyediakan hadiah berupa sepeda motor.

“Bagi warga yang menabung sampah ada hadiah sepeda motor. Bagi bank sampah unit juga akan ada hadiah motor tiga roda. Jumlah bank sampah unit saat ini berjumlah 152 unit yang dikelola kelompok, pemuda dan warga kreatif,” tegasnya.

Giyatno menyebut, Bank Sampah Ciamis menjadi salah satu kekuatan Pemerintah Daerah untuk mengelola sampah.  Pihaknya pun terus mendorong warga agar mau menabung di bank sampah dan mengajak komunitas untuk mendirikannya bagi yang belum ada bank sampah di wilayahnya.

Giyatno pun mengajak warga untuk berkunjung ke bank sampah, terutama yang ingin belajar mengenai manajemen dan pengelolaan sampah. Konsultasi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara itu, Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, H. Taufik Gumelar menambahkan, inovasi terus dilakukan dalam menangani sampah dan kebersihan di Kabupaten Ciamis. Guna mewujudkan Kabupaten Ciamis bersih dan bernilai.

“Selain Bank Sampah Ciamis, ada juga sedekah sampah yang merupakan sebuah terobosan baru bagi yang ingin beramal  dengan pendekatan sosial dan agama,” pungkasnya. (FR/CN/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya