Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bank Sampah Ciamis, Sarana Untuk Edukasi dan Berdayakan Warga

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Ciamis merupakan tempat mengelola sampah yang langsung dikelola oleh Pemkab Ciamis. Yang tujuannya untuk mengedukasi sekaligus memberdayakan warga dalam hal pengelolaan sampah yang telah dipilah. Juga dapat menjadi pengasilan tambahan.  

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno mengatakan sarana ini untuk edukasi masyarakat tentang berbagai cara pengelolaan sampah. Mulai dari memilah hingga bisa menjadi sebuah produk dengan nilai ekonomis tinggi.

“Bank Sampah Ciamis adalah yang pertama di Indonesia pengelolaannya langsung oleh Pemda,” ujar Giyatno, Selasa (20/10/2020).

Sampah yang telah dipilah dibawa ke Bank Sampah untuk ditimbang dan dicatat menjadi tabungan warga. Selain menghasilkan tambahan penghasilan juga pihak pengelola menyediakan hadiah berupa sepeda motor.

“Bagi warga yang menabung sampah ada hadiah sepeda motor. Bagi bank sampah unit juga akan ada hadiah motor tiga roda. Jumlah bank sampah unit saat ini berjumlah 152 unit yang dikelola kelompok, pemuda dan warga kreatif,” tegasnya.

Giyatno menyebut, Bank Sampah Ciamis menjadi salah satu kekuatan Pemerintah Daerah untuk mengelola sampah.  Pihaknya pun terus mendorong warga agar mau menabung di bank sampah dan mengajak komunitas untuk mendirikannya bagi yang belum ada bank sampah di wilayahnya.

Giyatno pun mengajak warga untuk berkunjung ke bank sampah, terutama yang ingin belajar mengenai manajemen dan pengelolaan sampah. Konsultasi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara itu, Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, H. Taufik Gumelar menambahkan, inovasi terus dilakukan dalam menangani sampah dan kebersihan di Kabupaten Ciamis. Guna mewujudkan Kabupaten Ciamis bersih dan bernilai.

“Selain Bank Sampah Ciamis, ada juga sedekah sampah yang merupakan sebuah terobosan baru bagi yang ingin beramal  dengan pendekatan sosial dan agama,” pungkasnya. (FR/CN/Djavatoday)

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

Terpopuler

Lainnya