Jumat, April 19, 2024

Bangun Wisata Desa, Upaya Pemdes Bangunjaya Ciamis Dongkrak PAD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Desa Bangunjaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berupaya meningkatkan PAD. Salah satunya akan membangun wisata Desa Bangunjaya dengan potensi alamnya.

Peningkatan PAD tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian warga. Desa Bangunjaya memiliki potensi alam yang melimpah, mengingat berada di dataran tinggi.

Sebagai langkah awal, Pemdes Bangunjaya sedang membangun jalan poros di Pasir Wereng. Jalan itu sebagai akses menuju wisata Desa Bangunjaya yang mengangkat konsep agrowisata.

Pasir Wereng memiki lahan seluas 5 hektare. Di lokasi ini memiliki panorama alam indah pesawahan dan perbukitan.

“Pemandangan dari ketinggian bukit. Ada hamparan sawah dan pemandangan bukit di perbatasan Ciamis dan Kuningan,” ujar Kepala Desa Bangunjaya Ade Sutisna, Selasa (19/3/2024).

Pasir Wereng hanya berjarak 100 meter dari kantor desa. Dengan melakukan penataan ini tentunya dapat membangkitkan perekonomian warga.

“Tahun ini kami mulai membangun akses jalan agar kendaraan bisa masuk. Baru ada jalan setapak, pengunjung semakin hari terus banyak datang terutama saat akhir pekan,” ucapnya.

Setelah akses jalan, Pemdes Bangunjaya pun akan membangun lapak kuliner dengan memberdayakan UMKM warga setempat.

“Insyaallah ada wisata sawah yang kami buka pada tahun 2025 nanti. Sekarang masih dalam proses rintisan,” jelasnya.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana, mendorong setiap desa untuk menggali potensi wisata di wilayahnya. Sehingga dapat menjadi sumber pendapatan desa. Termasuk pembangunan wisata Desa Bangunjaya.

“Dinas Pariwisata terus mendorong desa-desa untuk bergeliat di 2024 ini. Pada tahun 2023 ada 11 desa wisata prioritas, di 2024 ini kita berharap semakin bertambah desa-desa yang berfokus pada pengembangan desa wisata,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya