Minggu, Juli 14, 2024

Aturan Domisili di PPDB 2024 Ketat, Orang Tua di Ciamis Was-was

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA/SMK sudah dimulai pada tanggal 3 Juni 2024 sampai 7 Juni 2024. Pada PPDB kali ini, orang tua calon peserta didik mengaku was-was.

Alasannya, surat domisili yang dahulu bisa diandalkan untuk masuk sekolah jalur zonasi, sekarang bertambah persyaratannya. Yakni harus tercantum pada kartu keluarga milik saudara atau walinya. Selain itu juga penanda tangan raport siswa pun harus wali peserta didik, bukan orang tua aslinya.

Ketua PPDB SMA Negeri 1 Ciamis Zaen membenarkan hal itu saat dijumpai di ruang kerjanya. Menurutnya, peraturan PPDB sekarang semakin ketat. Terutama pada jalur zonasi. Peserta didik bagi yang memakai surat keterangan domisili, harus juga tercantum di kartu keluarga wali peserta didik. Demikian pula tandatangan raport harus atas nama wali peserta didik.

“Untuk PPDB tahun 2024, pendaftaran dibuka tahap ke satu jalur zonasi dan afirmasi, baru tahap dua yakni tanggal 24-28 Juni melalui jalur prestasi. Tahun sebelumnya terbalik, jalur prestasi dahulu, baru jalur zonasi dan afirmasi,” ungkapnya.

Zaen pun mengatakan, SMA Negeri 1 Ciamis bisa menampung siswa baru sekira 432 orang dengan jumlah rombel 12.

“Untuk jalur afirmasi 15 persen, zonasi 50 persen, sisanya jalur prestasi,” jelasnya.

“Pihak sekolah sebetulnya sangat diuntungkan dengan PPDB online. Kami tidak menyaring berkas, dan lebih objektif, kalau offline lebih ribet dengan berkas,” terangnya.

Zaen menyampaikan pendaftaran bisa di buka melalui link PPDB yang sudah di sosialisasikan kepada sekolah dan orang tua/wali murid.

“Bagi orang tua yang terkendala jaringan, bisa langsung datang ke sekolah, karena kami siap membantu dan melayani,” pungkasnya. (Nunung/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya