Sabtu, Juli 20, 2024

Antisipasi Kecurangan saat Pemilu 2024, 215 Pengawas TPS di Cipaku Ciamis Dilantik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 215 pengawas TPS (tempat pemungutan suara) di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilantik, Senin (22/1/2024). Tujuannya untuk mengantisipasi adanya kecurangan pada saat pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Cipaku Didin Abidin mengatakan sebelum dilantik, para pengawas TPS ini terlebih dulu melakukan seleksi administrasi dan wawancara. Sehingga terpilih 215 orang yang potensial untuk melakukan pengawasan.

“Tujuannya seleksi untuk menguji kecakapan strategis para Pengawas TPS,” jelas Ketua Panwascam Cipaku.

Didin pun menjelaskan kemampuan taktis seorang pengawas adalah memetakan situasi yang memungkinkan terjadinya kerawanan saat melakukan pungut hitung suara.

“Ketika melakukan perhitungan suara di TPS, kami telah mengidentifikasi beberapa potensi masalah. Kerawanan melibatkan ketepatan data pemilih,” kata Ketua Panwascam Cipaku.

Contohnya ketika orang yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih, namun tidak terdaftar dalam DPT atau daftar pemilih tambahan.

Menurutnya, variasi kerawanan dalam proses penghitungan suara mungkin saja dapat terjadi. Seperti adanya orang atau kelompok yang terlibat dalam praktik politik uang atau money politic sekitar TPS.

“Misal, adanya satu titik rawan adalah TPS yang berlokasi dekat dengan posko pemenangan,” ucapnya.

Selain itu, Pengawas TPS memusatkan perhatiannya pada kerawanan terkait netralitas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Saat proses penghitungan suara, tantangan terbesar yang harus diatasi adalah sikap adil dalam hasil perhitungan suara,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...

PAD Ciamis Capai 55,72 Persen dari Target di Semester 1 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis pada semester 1 tahun 2024 mencapai 55,72 persen dari target. Hal itu terungkap saat Badan Pendapatan Daerah...

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya