Minggu, Oktober 17, 2021

Antisipasi Kebakaran, Lapas Ciamis Latih Petugas Padamkan Api

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Guna mencegah terjadinya kebakaran di penjara. Lapas Kelas IIB Ciamis melatih para petugasnya memadamkan api saat awal kebakaran. Simulasi dilakukan di lapang Lapas dengan instruktur dari Damkar Kabupaten Ciamis, Jumat (24/9/2021).

Dalam simulasi ini, petugas Damkar memberi arahan cara penanganan saat ada kebakaran di dapur pada kompor dan sejenisnya. Sehingga hal tersebut dapat mencegah api membesar membakar bagian lainnya.

Baca juga:

Kalapas Kelas II B Ciamis Soni Sopyan mengatakan simulasi latihan penanganan kebakaran ini tindak lanjut dari arahan pusat. Seluruh Lapas/Rutan harus siap siaga terutama dalam hal penanggulangan kebakaran.

“Ini juga berkaca pada kejadian di Lapas Tangerang kemarin yang menewaskan puluhan warga binaan,” katanya.

Melalui simulasi ini para petugas memiliki bekal dalam hal penanggulangan kebakaran. Minimal petugas ini punya mental dan ketenangan dalam menghadapi dan mengatasi kebakaran.

Lapas Kelas IIB Ciamis ini memiliki dua blok. Bangunan lama sekitar tahun 1881. Pihaknya pun telah melakukan perbaikan instalasi listrik di seluruh bagian Lapas.

“Untuk instalasi listrik, saya sudah antisipasi sebelumnya. Sejak saya bertugas di awal tahun kemarin, kita sudah programkan upaya-upaya deteksi dini seperti perbaikan intalasi listrik,” tuturnya.

Dalam proses instalasi listrik, Lapas Ciamis melakukan penguraian terlebih dulu secara detail. Kemudian di Bulan Juli baru mulai perbaikan listrik di bagian kantor. Selain itu juga melakukan penambahan daya listrik agar lebih stabil.

Kasub TU UPT Damkar Ciamis Iding Didi menambahkan dalam simulasi ini ada beberapa kegiatan materi dan praktek.

“Minimalnya bisa mengatasi terjadinya kebakaran dan antisipasi memadamkan api yang kecil sebelum melaporkan ke pemadam kebakaran,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU