Sabtu, Mei 25, 2024

Anggota Linmas di Ciamis Dilatih Penanganan Konflik Sosial Jelang Pemilu 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Linmas atau Perlindungan Masyarakat di Ciamis memiliki peran yang sangat penting. Tak hanya sekadar menjaga hajatan atau ronda malam tapi memiliki tanggung jawab dalam penanganan konflik sosial di masyarakat.

Menjelang Pemilu 2024, para Linmas di Ciamis pun mendapat pelatihan penanganan konflik sosial dan sosialisasi sinergitas. Kegiatan itu digelar oleh Satpol PP Ciamis di Kecamatan Rajadesa, Selasa (14/11/2023).

Kepala Satpol PP Ciamis Uga Yogaswara menuturkan Linmas adalah unsur pendukung kewilayahan dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Salah satunya dalam perhelatan Pemilu 2024.

“Lintas punya peran strategis dalam menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat. Itu merupakan layanan dasar untuk masyarakat. Peran Lintas membantu menjaga itu terutama dalam tahun politik seperti sekarang ini,” jelasnya.

Linmas di Ciamis juga diharapkan mampu meningkatkan deteksi dini terhadap ancaman yang dapat mengganggu ketertiban. Sehingga Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 dan 27 November 2024 berlangsung aman dan kondusif.

“Ada 965. 599 pemilih warga Kabupaten Ciamis yang memiliki hak pilih dan 3.934 TPS yang akan digelar di Kabupaten Ciamis. Tidak ada waktu untuk berleha-leha. Tingkatkan kewaspadaan, mampu mendeteksi sejak dini terhadap potensi yang bisa menimbulkan ancaman dan gangguan sehingga tibumtranmas bisa terjaga di wilayah kerja masing-masing,” tuturnya.

Uga mengakui jumlah personil yang ada saat ini jauh dari ideal. Namun dengan kolaborasi dari berbagai pihak, optimis pemilu di Kabupaten Ciamis akan berjalan lancar.

Kegiatan yang berlangsung di lokasi wisata desa Bukit Samida Rajadesa tersebut, selain diikuti sebanyak 120 anggota Linmas dari 11 desa yang ada di wilayah kecamatan setempat, juga dihadiri Oleh Dandim 0613 Ciamis, perwakilan dari Polres Ciamis serta Bawaslu Kabupaten Ciamis. (Andra/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya