Minggu, Oktober 17, 2021

Aneka Lomba Digelar SMP N 1 Ciamis Sambut Hari Batik Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah siswa SMP N 1 Ciamis menggelar berbagai lomba bertema batik dalam menyambut Hari Batik Nasional, yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Mereka menggelar lomba melukis motif batik pada masker. Ada juga lomba membuat parsel atau hantaran dengan hiasan kain batik. Selanjutnya ada lomba melukis model siswa yang sedang membatik.

Baca juga:

“Dalam menyambut Hari Batik Nasional ini kami sengaja mengadakan kegiatan lomba dengan tema batik. Meski dalam suasana pandemi, tidak jadi halangan kami untuk tetap berkreasi asalkan menaati protokol kesehatan,” ujar Kayla Nabila, panitia lomba sekaligus pengurus OSIS, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan tersebut sebagai kepedulian siswa terhadap budaya Indonesia. Batik resmi milik Indonesia sehingga perlu dilestarikan.

“Ada juga lomba melukis masker dengan motif batik. Jadi melestarikan batik sekaligus sosialisasi protokol kesehatan. Kita tahu bahwa masker ini dapat melindungi kita dari penularan virus Corona,” ungkap Nabila.

Para peserta lomba terlihat antusias mengikuti lomba batik ini. Diharapkan dengan rutin memperingati Hari Batik dapat terus mengingatkan bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

Kepala SMP Negeri 1 Ciamis Agus Sumantri sangat senang dan apresiasi para siswanya memiliki inisiatif untuk memperingati Hari Batik.

“Ini kegiatan OSIS dan ekstrakulikuler Batik dalam memperingati Hari Batik Nasional. Tentunya ini menunjukan bahwa para siswa kami peduli untuk melestarikan batik sebagai budaya Indonesia,” jelasnya.

“Menariknya mereka juga mengambil tema mengenai Covid-19. Yakni melukis masker. Tujuannya itu untuk mengingatkan agar selalu pakai masker karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU