Senin, Juni 24, 2024

Anah Warga Ciamis Alami Luka Robek di Wajah Usai Diserang Anjing

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anah (55), lansia asal Dusun Cibeunying, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, luka robek di wajah dan kaki gegara digigit dan diserang anjing. Korban kemudian dibawa ke RSUD Ciamis untuk mendapat perawatan.

Peristiwa tersebut terjadi Rabu (31/1/2024) di depan rumah. Melihat ibunya diserang anjing, Ida kemudian menolong Anah hingga bisa diselamatkan.

Menurut Ida, anak korban, ketika itu Anah sedang mencuci tangan di depan rumahnya. Namun tiba-tiba anjing yang diketahui milik menantunya menerkam dan menggigit korban di bagian wajah dan kaki Anah.

“Tiba-tiba menyerang dan menggigit. Ibu saya mengalami luka robek di wajah dan kaki. Saya langsung bawa ke RSUD Ciamis supaya mendapat pengobatan,” ujar Ida, Jumat (2/2/2024).

Menurut Ida, anjing tersebut biasanya diikat. Namun entah apa sebabnya pada saat kejadian anjing itu terlepas dari ikatannya. Anjing itu biasanya dibawa pemiliknya untuk berburu. Pemiliknya pun tidak mengetahui anjingnya terlepas dari ikatan.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Ciamis Edis Herdis langsung ke RSUD Ciamis ketika mendapat laporan ada warga diserang anjing. Mengingat gigitan anjing berpotensi terkena rabies. Pihaknya pun langsung melakukan penanganan dengan menyuntikan vaksin Anti rabies.

“Sudah ditangani, disunting vaksin Anti rabies langsung 2 viral di tangan kanan dan kiri. Luka robeknya juga sudah diobati. Korban dalam keadaan sadar,” ujar Edis, Jumat (2/2/2024).

Setelah diobati, korban diperbolehkan pulang namun dalam pemantauan oleh Puskesmas Imbanagara. Saat ini Dinkes Ciamis tengah melakukan observasi dalam dua sampai tiga hari ke depan untuk antisipasi rabies.

Sedangkan untuk anjing yang menyerang Anah kini ditangani oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis. Anjing tersebut diobservasi apakah rabies atau tidak.

“Untuk pasien tentu akan terus kami pantau perkembangannya. Diberikan vaksin sudah tinggal nanti diberikan serum,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Napak Jagat Pasundan, Pj Bupati Ciamis: Momentum Penguatan Budaya Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergelaran Napak Jagat Pasundan memeriahkan peringatan hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-382 tahun. Ribuan warga menghadiri kegiatan yang digelar di Alun-alun...

Pj Bupati Ciamis Serahkan Uang Kadeudeuh untuk 397 Anggota KORPRI Purna Bhakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyerahkan uang Kadeudeuh bagi 397 anggota KORPRI yang Purna Bhakti periode Nopember 2023-Mei 2024. Secara simbolis...

Buka Grand Final Bola Voli PPDI, Ini Harapan Pj Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna membuka Grand Final pertandingan bola voli antar PPDI kecamatan se Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di GOR...

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya