Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ambruk Tergerus Air, Warga Ciamis Swadaya Bangun Jembatan Bambu

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan tua di Kelurahan Sindangrasa, Kabupaten Ciamis, ambruk tergerus aliran sungai beberapa waktu lalu. Warga kini gotong royong bangun jembatan bambu, Selasa (19/1/2021).

Jembatan itu merupakan akses utama penghubung menuju perkotaan Ciamis. Akses mobilitas warga pengguna jembatan itu cukup padat, sedangkan untuk perbaikan dari Pemkab Ciamis belum tau kapan akan terealisasi.

Warga dari tiga daerah yakni Babakan, Margayasa dan Margasari berinisiatif secara swadaya untuk bangun jembatan sementara dari bambu. Supaya aktivitas perekonomian warga tidak terhambat. Jembatan sementara yang dibangun itu dikhususkan untuk sepeda motor agar bisa melintas.

“Itu adalah inisiatif warga dari 4 RW di Kelurahan Sindangrasa, Mereka secara swadaya memberikan sumbangan dan langsung membangunnya secara bergotong-royong,” ujar warga setempat, Ani Supiani, yang juga Kabag Humas Setda Ciamis.

Ani menyebut warga sekitar jembatan ambruk ini adalah heterogen. Mereka memiliki berbagai profesi yang hampir semua membutuhkan akses jalan itu. Karena saat jembatan ambruk, warga harus memutar ke jalan lain dengan jarak 2,5 kilometer yang biasanya hanya membutuhkan waktu sebentar untuk ke kota.

“Banyak pedagang, warung, PNS, ojek dan profesi lainnya yang kebanyakan pengguna sepeda motor. Jadi untuk sekarang warga bangun jembatan bambu yang penting sepeda motor bisa melintas,” katanya.

Ani pun belum bisa memastikan perbaikan jembatan tersebut. Namun Pemkab Ciamis akan berupaya untuk sesegera mungkin memperbaiki jembatan itu. (CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya