Minggu, April 21, 2024

Alun-alun Direnovasi, Pemkab Ciamis Tetapkan Salat Idul Fitri di Taman Raflesia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menerapkan lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri tingkat Kabupaten Ciamis dilaksanakan di Taman Raflesia. Hal tersebut karena Alun-alun Ciamis saat ini sedang dalam proses pembangunan atau renovasi.

Kabag Kesra Setda Ciamis Ihsan Rasyad menuturkan berbagai pertimbangan Taman Raflesia menjadi lokasi untuk salat Idul Fitri 1444 H. Yakni untuk memudahkan akses masyarakat terutama warga perkotaan tidak terlalu jauh untuk salat id.

“Supaya masyarakat perkotaan bisa salat Idul Fitri di lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat semula. Sekaligus juga untuk menunjukan kepada warga perantau yang sekarang mudik, bahwa saat ini Ciamis terus berbenah,” ujar Ihsan Rasyad, Rabu (19/4/2023).

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifin mengatakan hal yang sama. Taman Raflesia jadi tempat untuk salat id ini atas hasil rapat PHBI Ciamis pada Senin (17/4/2023).

“Pertimbangannya, lokasi tersebut masih tengah kota sehingga masyarakat mudah menjangkaunya,” ucapnya.

Meski demikian, DKM Masjid Agung Ciamis memberikan beberapa catatan. Salah satunya bilik penutup proyek pembangunan Alun-alun Ciamis harus tertutup dengan menggunakan kain. Sehingga tidak terlihat kumuh dan layak untuk menggelar salat id.

“Kalau kondisi cuaca tiba-tiba hujan, jemaah langsung bisa kami alihkan ke Masjid Agung karena lokasinya yang tidak terlalu jauh,” terangnya.

Wawan juga mengimbau kepada jemaah yang hadir, supaya dapat menjaga ketertiban dan kelancaran dalam pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 H. Meski pun dengan keterbatasan tempat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Partai Golkar Ciamis Usung Herdiat Pada Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Politik di daerah mulai melakukan persiapan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sejumlah nama bakal calon pun mulai diusung...

Engkus Sutisna Jadi Penjabat Bupati Ciamis, Berikut Profilnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masa kepemimpinan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berakhir 20 April 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

Terpopuler

Lainnya