Senin, Juli 15, 2024

Alun-alun Ciamis Direvitalisasi Lagi, Ada Pusat Kuliner dan Jembatan Penyeberangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Alun-alun Ciamis kembali direvitalisasi. Kali ini dilakukan di sebelah bawah dengan membangun pusat kuliner dengan tiga lantai. Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp 33,8 miliar. Pembangunan direncanakan selesai 31 Desember 2024.

3 lantai bangunan itu yakni lantai bawah untuk parkir mobil, lantai kedua digunakan parkir motor dan lantai tiga untuk pusat kuliner dengan pemandangan Taman Alun-alun Ciamis.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Okta Jabal Nugraha menjelaskan revitalisasi ini merupakan tahap kedua. Bangunan akan dibangun 3 lantai, yakni lantai pertama untuk parkir mobil dengan kapasitas 43 unit mobil pribadi.

Kemudian lantai dua untuk sepeda motor dengan kapasitas 306 unit. Sedangkan lantai 3 untuk kantin atau pusat kuliner dengan kapasitas 102 kios.

“Untuk pusat kuliner atau kantin kapasitas 102 kios. Ditempatkan di lantai paling atas karena sejajar atau memiliki pemandangan langsung ke Alun-alun,” ujar Okta, Kamis (4/7/2024).

Selain itu, setiap lantainya bakal dilengkapi dengan toilet dengan janitor atau penjaganya, serta dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan. Pada bagian gedung juga dilengkapi fasad ferporated metal, tujuannya selain menimbulkan kesan estetik juga untuk pencahayaan dan sirkulasi udara.

“Dibangun juga dua pembagian penyebrangan yang menghubungkan area kuliner dengan taman Alun-alun,” jelasnya.

Okta menjelaskan, pembangunan gedung pusat kuliner dan parkiran Alun-alun Ciamis berasal dari Banke Pemprov Jawa Barat tahun 2024. Anggarannya sekitar Rp 33,8 miliar.

“Anggaran dari Bantuan Keuangan Pemprov Jabar 2024 sebesar Rp 33.889.695.000,” ungkapnya.

Pembangunan pusat kuliner Alun-alun Ciamis dapat menjadi daya tarik baru. Masyarakat Ciamis dan pengunjung dari luar daerah bisa lebih nyaman menikmati keindahan Alun-alun Ciamis. Keberadaan pusat kuliner ini juga sekaligus untuk menata para pedagang kaki lima dan parkir.

“Supaya pedagang kaki lima lebih tertata, parkir kendaraan lebih aman, nyaman dan rapih,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya