Sabtu, Mei 25, 2024

Ada Rekayasa Lalu Lintas saat Malam Tahun Baru, Jalan Alun-alun Ciamis Ditutup?

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan Ciamis telah menyiapkan rekayasa lalu lintas pada saat malam Tahun Baru 2023. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kemacetan.

“Ada rekayasa lalu lintas sudah kami siapkan. Tujuannya untuk meminimalisir kemacetan, rencana rekayasa lalu lintas di seputar Alun-alun Ciamis pada saat malam Tahun Baru 2023,” ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Achmad Yani, Selasa (27/12/2022).

Jalan yang ditutup antara lain Jalan Jendral Sudirman dari simpang Tonjong adah Alun-alun. Kemudian Jalan Ir H Juanda dari simpang Ramona arah Alun-alun. Selanjutnya Jalan Tentara Pelajar dari simpang Yogya ke arah PMI. Jalan Perintis Kemerdekaan dari simpang Yogya menuju Alun-alun Ciamis.

Jalan Kaum dan Jalan Karang Mawar. 6 jalan yang ditutup itu merupakan akses menuju Alun-alun Ciamis. Penutupan jalan tersebut rencananya mulai pukul 17.00 WIB.

Namun penutupan tersebut berlaku secara situasional melihat situasi dan kondisi. Alun-alun Ciamis biasa menjadi pusat aktivitas warga untuk perayaan malam tahun baru. Apabila kondisi Alun-alun penuh dan macet, maka akan ada penutupan.

“Ya penutupan jalan menuju Alun-alun itu secara situasional. Melihat situasi dan kondisi Alun-alun dan sekitarnya. Ketika animo masyarakat tinggi dan terjadi kemacetan maka langsung dilakukan penutupan. Intinya kita berkoordinasi lebih lanjut dari kepolisian,” kata Achmad Yani.

Sementara itu, Pemkab Ciamis pun menyiapkan 8 titik area parkir. Yakni Jalan Alun-alun Timur (Billboard) dan Alun-alun Atas. Di Jalan Ir Juanda tepatnya di jajaran Toko Puisi, rusa jalan Masjid Agung sebelah kanan, Jalan Galuh, depan SMP 4 Ciamis, Parkir Masjid Agung Utara dan Jalan Jendral Sudirman di Alun-alun sebelah Utara.

Ketika penutupan jalan ke Alun-alun tutup, pengendara bisa menggunakan beberapa jalan alternatif. Kendaraan yang dari arah Tasikmalaya menuju Banjar dan Jawa Tengah bisa belok ke arah Jalan Kartini ke Lokasana lalu ke Terminal tembus di Simpang Kodim.

Sedangkan kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Cirebon bisa menggunakan Jalan Siliwangi ke Maleber lalu ke Jalan RE Martadinata. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya