Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

11 Desa di Ciamis Ditetapkan Jadi Desa Wisata

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata menetapkan 11 desa di Ciamis sebagai Desa Wisata. Penyerahan SK Bupati Ciamis penetapan Desa Wisata dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata Ciamis, Selasa (27/2/2024) oleh Staf Ahli Bidang Administrasi dan SDM Setda Ciamis Dase Fadlil Yusdy Mubarak.

Turut mendampingi Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Ahmad Yani dan Kabid Destinasi Dian Kusdiana alias Udeng.

Kepala Bidang Destinasi pada Dinas Pariwisata Ciamis, Dian Kusdiana mengatakan, penetapan Desa wisata di Kabupaten Ciamis ini merupakan yang ketiga kalinya. Dari tahun 2021, 2022 dan 2023.

“Meski diserahkan tahun 2024, tapi SK Bupati Ciamis sudah terbit di tahun 2023 untuk yang 11 desa ini. Jadi total desa wisata di Ciamis ada 57 desa,” jelasnya.

Dengan diterbitkannya SK Bupati Ciamis tentang penetapan Desa Wisata ini, harapannya pengembangan pariwisata di Ciamis lebih meningkat. Dinas Pariwisata menjadi regulator bagaimana tata kelola perencanaan, pengembangan untuk pariwisata desa di Ciamis.

“Saat ini tren pelaku usaha pariwisata meningkat. Nah, ini harus ditangkap peluangnya oleh rekan-rekan kita di desa. Karena saat ini, tidak hanya di kota, perkembangan pelaku wisata itu sudah masuk pada dunia yang ada di desa,” ucapnya.

Artinya, kata dia, wisata alam potensi alam, potensi yang dimiliki oleh rekan-rekan di desa itu sudah cukup luar biasa. Terbukti, Ciamis itu banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

“Saat ini wisatawan asing sudah mulai masuk ke Kabupaten Ciamis. Data yang kita himpun, sampai tahun 2023 ini, wisatawan asing yang masuk Ciamis sudah hampir 1.000 orang. Pengunjung wisata kita tercatat lebih dari 1 juta orang di tahun 2023 ini, lalu PAD sektor wisata melebihi target dari yang ditetapkan,” katanya.

Dian mengungkapkan, dengan lahirnya desa wisata yang baru mudah-mudahan menambah kekuatan, untuk pengembangan di pariwisata. Khususnya di lomba-lomba yang diadakan oleh Kementerian baik itu Kementerian Desa atau Kementrian Pariwisata.

Dian berharap, adanya tambahan 11 Desa Wisata baru ini bisa memacu dan kekuatan bagaimana pengembangan desa wisata. Tentunya dapat meningkatkan pemberdayaan dari sektor pariwisata kepada masyarakat.

“Masyarakat bisa mendapatkan pendapatan dari aktivitas wisata,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya