Rabu, Oktober 27, 2021

Tradisi Ziarah Makam Bupati Galuh Jelang Hari Jadi Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari Jadi Ciamis, Jawa Barat yang jatuh setiap 12 Juni ada tradisi ziarah ke makam Bupati Galuh oleh para pejabat. Itu dilaksanakan dua hari sebelum hari H, kali ini dilaksanakan Kamis (10/6/2021).

Dalam situasi pandemi ini, panitia dan peserta menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan dilaksanakan secara singkat, dengan langsung ke acara inti yakni doa dan tabur bunga.

Baca juga:

Kegiatan tradisi ziarah makam Bupati Galuh ini diawali dengan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta rombongan pejabat Ciamis berangkat dari Pendopo memakai bus. Sebanyak 5 makam Bupati Galuh didatangi

Pertama makam Raden Adipati Ariya Panji Jaya Negara (1636-1678) letaknya di makam Ciwahangan Girang Desa Imbanagara Ciamis. Lalu, makam Raden Tumenggung Wiradikusuma (Bupati Galuh 1824-1829) letakanya di Cigadung Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis.

Selanjutnya, makam Raden Adipati Arya Kusumahdiningrat (Bupati Galuh tahun 1839-1886) terletak di di Jambansari Selagangga Kecamatan Ciamis. Keempat ke makam Raden Adipati Kusumah Subrata (Bupati Galuh 1886-1915) yang ada di Makam Gunung Sukasirna Ciamis dan tujuan akhir Astana Gede Kawali.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan tradisi ziarah ke makam Bupati Galuh menjelang hari jadi merupakan salah satu acara inti dan wajib dilaksanakan. Kegiatan ziarah kali ini sama seperti tahun 2020 lalu secara sederhana karena masih pandemi.

Menurut Herdiat, ziarah ini bertujuan untuk mengenang Bupati terdahulu. Berkat jasanya yang telah membangun dan mengharumkan nama Galuh pada masanya.

Hal ini tentunya menjadi motivasi warga Ciamis dan pemimpin Ciamis ke depan untuk mengikuti jejaknya.

“Peringatan hari jadi ke 379 Ciamis dilaksanakan sederhana, karena pandemi. Tapi harus tetap bisa memberi makna dan semangat untuk kita semua dengan senantiasa menghargai jasa para pendahulu,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU