Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Rancangan Pusat Budaya Ciamis di Karangkamulyan, Ini Desainnya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis akan membangun Pusat Budaya Ciamis di Kawasan Karangkamulyan, Cijeungjing, Jawa Barat. Desain rancangan tempat tersebut telah dibuat.

Rancangan detail engineering design (DED) telah disampaikan Disbudpora Ciamis melalui ekspos kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Senin (14/12/2020). Tempat ini dibangun bertujuan sebagai tempat berkumpulnya para budayawan di Kabupaten Ciamis.  Bupati pun menyetujui rancangan itu.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan menjelaskan Pusat Budaya Ciamis ini akan memiliki beberapa fasilitas unggulan. Mulai dari Pendopo luas, ampheteater untuk pergelaran seni dan kebudayaan, dengan latar Sungai Citanduy. Ruang komunitas budaya dan bale.

“Ini akan menjadi ikon untuk semua tempat kegiatan budaya. Dengan mengakomodir seluruh kebudayaan  di Kabupaten Ciamis. Sehingga ini dapat menghidupkan Situs Obyek Wisata Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan,” ujar Erwan

Erwan menegaskan meski akan dilaksanakan pembangunan, namun tidak akan sampai merusak kawasan tersebut. Karena lokasi itu merupakan situs budaya. Dengan adanya Pusat Budaya ini dapat meramaikan kembali kawasan tersebut.

Sehingga tidak hanya digunakan sebagai tempat transit saja saat momen liburan. Wisatawan dari luar setidaknya bisa masuk lebih dalam dan mengenal kekayaan budaya Ciamis.

“Di Pusat Budaya Ciamis ini para budayawan bisa mengekspresikan berbagai kreativitasnya. Sekaligus tempat berkumpul para budayawan untuk berupaya memajukan kebudayaan Ciamis. Sehingga lebih memudahkan koordinasi antara Pemkab dengan Budayawan,” jelasnya.

Disbudpora Ciamis menargetkan pembangunannya di tahun 2021. Tempat ini memerlukan anggaran mencapai Rp 11 miliar. Pemkab Camis akan mengupayakan anggaran tersebut dari Pemerintah Pusat atau Provinsi.  Karena untuk anggaran hingga belasan miliar, APBD Ciamis belum mampu.

“Semoga Pusat Budaya Ciamis ini bisa segera dibangun. Selain untuk menjaga kebudayaan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (CN/AY/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya