Senin, April 29, 2024

Pemkab Ciamis Pakai DBHCHT Rp 3,5 Miliar Untuk Tangani Covid-19

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mendapat dana bagi hasil cukai hasil tembakau atau DBHCHT sekitar Rp 4,9 miliar. Sebesar Rp 3,5 Miliar lebih untuk penanganan Covid-19, salah satunya pengadaan alat kesehatan seperti ventilator.

Kepala Bappeda Ciamis Aef Saefulloh menyampaikan hal saat melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan pada bidang Cukai. Kegiatan dilaksanakan di Aula LPSE Diskominfo Kabupaten Ciamis, Senin (27/9/2021).

Aef menjelaskan penggunaan DBHCHT ini Untuk bidang kesejahteraan masyarakat yakni penggunaan peningkatan kualitas bahan baku. Kemudian pembinaan lingkungan sosial untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian bidang penegakan hukum dan pemberantasan cukai ilegal.

“Bidang kesejahteraan 50 persen, bidang penegakan hukum, 25 persen dan bidang kesehatan 25 persen. Pelaksananya tersebar pada beberapa instansi,” ujar Aef.

Aef menjelaskan untuk penggunaan bidang kesejahteraan Camis ini sedikit. Sehingga Pemkab Ciamis mengalihkan penggunaan DBHCHT untuk bidang kesehatan, total sekitar Rp 3,5 miliar.

“Kebetulan tidak terlalu banyak untuk bidang kesejahteraan untuk para petani tembakau. Sehingga dengan kebijakan Bupati cuamis dan hasil konsultasi juga kepada Bea Cukai dan Kementerian Keuangan itu boleh,” katanya.

Menurut Aef, sarana dan prasarana alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 terbatas. Sehingga Pemkab Ciamis menggunakan DBHCHT ini untuk pengadaan ventilator di rumah sakit dan mobil ambulans.

Sedangkan untuk penggunaan DBHCHT pada bidang kesejahteraan penggunaannya sekitar Rp 133 juta dan bidang penegakan hukum sekitar Rp 1,2 miliar. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya