Senin, April 29, 2024

World Clean up Day, Pemkab Ciamis Kampanyekan Pilah Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menggelar World Clean up Day 2021 dan aksi pilah sampah dari rumah, Sabtu (18/9/2021). Dalam kesempatan ini Pemkab Ciamis Kampanyekan tiga penanganan sampah.

Kepala DPRKPLH Taufik Gumelar mengatakan meski dalam kondisi pandemi, WCD 2021 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kegiatan ini melibatkan relawan komunitas world clean up day, fasilitator Bank Sampah dan masyarakat seluruh Kabupaten Ciamis. Tujuannya sebagai perubahan perilaku jangka panjang. Mulai dari individu, keluarga serta lingkungan masyarakat,” ujar Taufik.

Dalam WCD 2021 ini, ada tiga kampanye utama yang disampaikan.

Pertama one site cleanup yakni melakukan kegiatan cleanup bersama mengenai masalah sampah di Kabupaten Ciamis. Ini merupakan aktivitas fundamental untuk meningkatkan kesadaran atas isu persampahan.

Kedua adalah pihal sampah dari rumah. Aksi ini untuk mendidik masyarakat tentang limbah rumah tangga. Pentingnya memisahkan sampah guna mengurangi sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Ketiga adalah digital cleanup yakni mendidik masyarakat tentang bahaya sampah digital. Hal ini berdampak pada emisi global, dimana diproduksi oleh penggunaan perangkat elektronik dan data cloud dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dalam kegiatan world clean up day ini dilaksanakan juga peluncuran smart drop box atau kotak sampah pintar. Ini adalah teknologi Baru dalam bidang pengelolaan sampah. Khususnya untuk penanganan sampah botol plastik.

Masyarakat dapat mengumpulkan sampah botol plastik ini ke tempat sampah canggih ini. Kemudian masyarakat akan mendapatkan sejumlah uang dalam dompet digital. Uang tersebut dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan seperti air, listrik, pulsa dan lainya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya