Senin, April 29, 2024

Vaksin Terbatas, Target Vaksinasi 8 Kecamatan di Ciamis Masih Merah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Target Vaksinasi Covid-19 sejumlah kecamatan di Kabupaten Ciamis masuk kategori merah. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya pasokan vaksin dari pemerintah pusat dan masih ada masyarakat yang belum mau divaksinasi.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Ciamis Harun Al Rasyid menjelaskan saat ini total target vaksinasi di Kabupaten Ciamis baru 10,9 persen. Total target sekitar 1 juta orang.

Menurut Harun, dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis ada 8 kecamatan yang kategori merah, target vaksinasinya 1-5 persen. Yakni, Lakbok, Pamarican, Cikoneng, Sadananya, Sindangkasih, Sukamantri, Tambaksari dan panjalu.

“Alasannya karena sasarannya sendiri. Informasi yang sampai ke masyarakat bersedia atau tidak. Juga karena ketersediaan vaksin terbatas. Beberapa puskesmas minta vaksin,” ujarnya, Selasa (10/8/2021).

Sedangkan untuk kecamatan kategori kuning atau 5-8 persen ada 12 kecamatan, diantaranya, Banjaranyar, Banjarsari, Baregbeg, Cidolog, Cipaku, Jatinagara, Panawangan, Rancah, Sukadana.

“Sedangkan untuk kategori hijau atau lebih dari 8 persen ada 7 kecamatan yakni Cisaga, Kawali, Lumbung, Panumbangan, Ciamis, Cijeungjing dan Cimaragas,” katanya.

Upaya yang dilakukan untuk mempercepat target vaksinasi Ciamis adalah dengan melanjutkan dosis kedua bagi masyarakat umum.

Pemkab Ciamis telah mendapatkan pasokan vaksin pada Kamis (8/8/2021). Yakni vaksin Sinovac 12.260 dosis, Astrazeneca 5 ribu dosis, Shinopharm 1.300 dosis.

“Kami terus melakukan percepatan vaksinasi, hanya saja pasokan vaksin terbatas. Kemampuan vaksinator kita bisa 4.000 per hari. Namun karena keterbatasan vaksin hanya bisa sampai 2.000 per hari,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya