Sabtu, Mei 4, 2024

Perbup Ciamis Ajak Warga Kurangi Gunakan Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis mengajak warga agar kurangi gunakan kantong plastik.

Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar mengatakan berdasarkan Perbup 27 tahun 2021 tentang pengurangan kantong plastik. Hanya dengan hal ringan tersebut, tapi dampaknya dapat dirasakan dalam upaya pelestarian lingkungan. Sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkannya.

Melalui Perbup tersebut bisa mendorong masyarakat dalam mengurangi sampah. Dalam upaya menyelesaikan persoalan sampah ini masyarakat tidak bisa kerja sendiri tapi perlu dukungan masyarakat.

“Kami berharap masyarakat bisa tidak gunakan kantong plastik lagi. Kontribusi masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih sangat diperlukan. Mari bersama-sama budayakan hidup bersih dengan mengurangi sampah plastik,” jelasnya.

Taufik mejelaskan hari bebas kantong plastik sedunia beberapa waktu lalu merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Bag Free World. Kegiatan ini pun diikuti orang orang di seluruh dunia.

Sebaiknya biasakan membawa tas belanja dari kain kemanapun. Hal ini dapat mengurangi penggunaan kantong yang hanya sekali pakai. Biasakan juga gunakan Tumbler untuk air mineral atau minuman lainnya.

“Dengan adanya Perbup tentang pengurangan gunakan kantong plastik bisa menjadi awal pengurangan sampah plastik di Ciamis. Adanya Bank Sampah Ciamis bisa menjadi solusi agar sampah bisa dikelola dan mengurangi residu yang masuk TPA,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya