Selasa, April 30, 2024

Hujan Deras di Ciamis, Sejumlah Bencana Terjadi di Enam Kecamatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hujan deras mengguyur di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Selasa malam (1/6/2021). Akibatnya, sejumlah bencana melanda 6 kecamatan, dari longsor hingga banjir.

Ketua Tagana Ciamis Ade Waluya mengatakan pihaknya mendapat laporan dari anggota di lapangan. Ada beberapa kejadian bencana terjadi di sejumlah Kecamatan, yakni Cipaku, Tambaksari, Rancah, Kawali, Sukadana dan Ciamis.

“Laporan yang masuk sampai hari ini Rabu (2/6/2021), asa bencana longsor hingga rumah rusak dan jebol. Ada juga banjir akibat volume aliran sungai yang naik,” ujar Ade Waluya.

Beruntung bencana yang terjadi tidak ada laporan korban jiwa. Namun kerugian materil dialami warga karena rumah rusak setelah tertimpa longsor tembok penahan tebing.

“Ada satu rumah yang mengungsi karena kondisinya sudah tidak bisa dihuni lagi. Sampai saat ini kami masih melakukan pendataan rumah rusak akibat bencana setelah hujan deras yang terjadi di wilayah Ciamis. Kami pun membantu masyarakat dalam melakukan evaluasi,” jelasnya.

Selain rumah rusak akibat longsor, sawah rusak akibat tertimbun longsor di Sukadana. Luasnya hingga puluhan hektar area persawahan. Selain terkena longsor, area persawahan di Sukadana pun terendam banjir luapan sungai.

Ade mengimbau kepada masyarakat Ciamis untuk tetap waspada. Menurutnya, hujan deras di Ciamis masih akan terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi.

“Tetap waspada, bila ada potensi bencana sebaiknya menghindar dan mengungsi. Terutama rumah yang berada di lereng tebing dan sekitar sungai,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya