Minggu, September 8, 2024

Cuaca Ekstrim, DPRKPLH Ciamis Patroli Pohon di Jalan Rawan Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang kerap melanda Ciamis, Jawa Barat, beberapa Minggu terakhir, yang mengakibatkan bencana alam. Termasuk pohon pinggir jalan tumbang hingga menimpa pengendara.

Guna mengantisipasi pohon tumbang, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis menerjunkan tim menyasar pohon rawan tumbang.

Dengan menggunakan mobil truk crane kecil dan truk sampah, tim tersebut berkeliling di wilayah perkotaan Ciamis. Mereka memonitor pohon-pohon di jalan protokol dan jalan nasional yang berpotensi membahayakan pengendara.

Salah satunya di Jalan Ahmad Yani, petugas kebersihan memangkas pohon yang dianggap akan tumbang, bahkan nyaris mati. Dengan menggunakan gergaji mesin dan truk crane petugas langsung menebang pohon tesebut.

“Hari ini kita berpatroli menyasar pohon-pohon yang rawan tumbang. Seperti di Jalan Ahmad Yani ada beberapa pohon besar yang hanya tinggal ranting dan rawan tumbang, jadi kita lakukan tindakan,” ujar Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno melalui Kasi Pertamanan dan Pemakaman Carli Sutami, Senin (29/3/2021).

Sekadar diketahui, minggu-minggu sebelumnya sempat terjadi pohon tumbang menimpa sebuah mobil Honda Jazz di Jalan RE Martadinata Ciamis akibat cuaca ekstrim. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kendaraan mengalami kerusakan.

“Cuaca sekarang kan ekstrim, di Ciamis ini kebanyakan pohon pinggir jalan adalah jenis trembesi. Kalau tidak dilakukan pemangkasan khawatir tumbang apabila diterpa angin besar,” ungkap Carli.

Carli pun mengimbau kepada masyarakat untuk turut memangkas pohon besar yang berpotensi tumbang di sekitar rumahnya. (CN/AY/Djavatoday.com)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya