Selasa, April 30, 2024

Dua Exit Tol di Ciamis, Pemkab Harus Sinergi Siapkan Potensi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Ciamis harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapi pembangunan Tol Gedebage-Tasikamalayal-Pangandaran. Hal itu diutarakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis Aef Saefulloh, Senin (29/3/2021)

Aef mengungkapkan, ada dua exit tol di Kabupaten Ciamis yang direncanakan dibangun di dua Kecamatan yakni Kecamatan Ciamis dan Kecamatan Pamarican.

“Rencananya untuk pintu tol Ciamis akan dibangun di Pamarican dan Ciamis Kota. Namun semua harus melalui proses analisa terlebih dahulu,” ungkap Aef.

Aef menjelaskan, invrastruktur akses jalan sangat menjadi element pendukung penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Aksebilitas jalan sangat berpengaruh terhadap kegiatan masyarakat. Termasuk dalam investasi, disatu sisi potensi yang Ciamis miliki sangat luar biasa. Ini menjadi tanggung jawab kita untuk mengoptimalkannya,” ujar Aef.

Aef menegaskan, Ciamis harus mampu menciptakan magnet dari beberapa sektor, dari mulai industri sampai pariwisata. Jika itu tidak disiapkan Ciamis hanya akan dilewati saja.

“Maka itu, semua element harus bersinergi sesuai Visi Misi Bupati Ciamis dengan kemandirian ekonomi. Selain sinergi multi sektor dari pemerintah, perencanaan ini harus dimulai dari grassroots,” ucapnya.

Aef menuturkan, semua element pemerintah harus saling mengisi dengan komunikasi yang baik. Dari mulai kebutuhan Industri, Invrastruktur dan Sumber Daya untuk menyambut peluang ini.

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut keberadaan exit tol dapat menguntungkan investor. Dengan Keberadaan kawasan industri yang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Ciamis.

“Kita harap pembangunan Tol sepanjang 33 kilometer, melewati 4 kecamatan, 22 desa dan 1 kelurahan di Wilayah Ciamis berjalan lancar. Terutama dlam proses sosialisasi pembebasan lahan, Ciamis dapat lebih maju dari segala sektor,” pungkanya. (MM/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya