Minggu, Mei 19, 2024

Unik! Anak Muda di Ciamis Berhasil Buat Kerajinan Miniatur dari Bambu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok Gubuk Kreasi Ciledug (GKC) Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, berhasil membuat beberapa produk kerajinan miniatur yang siap dipasarkan.

Berawal dari hobby, kemudian mereka bergabung dan membuat sebuah kelompok, sehingga berhasil membuat kerajinan yang diantaranya ada Bonsai Kelapa, Miniatur Kapal Laut dan Bunga Plastik.

Yogi, pengrajin bonsai kelapa mengatakan, anggota kelompok yang aktif ada 10 orang, dan yang sudah berhasil mengeluarkan produk baru 4 orang.

“Untuk pemasaran, kita masih online melalui sosial media seperti facebook dan pesan whatsapp,” ujar Yogi, Jumat (19/2/2021).

Untuk varian harga kerajinan miniatur, lanjut Yogi, yang paling rumit dibandrol dengan harga 500 ribu, dan untuk yang biasa, kisaran 150-300 ribu. Sedangkan bonsai kelapa, tergantung usia. Ada yang harga 50 ribu sampai 500 ribu.

“Harga RP 50 ribu itu yang berusia 1 bulan, tetapi daunnya sudah lebat. Dan yang Rp 500 ribu, usianya di atas 1 tahun,” terangnya.

Kata Yogi, untuk penjualan kerajinan miniatur secara online hanya menerima sekitaran Jawa Barat. Hal tersebut karena kalau diluar itu, ongkos kirim barangnya lumayan mahal, jadi konsumen sering keberatan.

“Kedepannya semoga bisa merangkul para pemuda setempat, dan juga masuk ke pameran-pameran. Semoga ini memotivasi yang lain, dan bisa menghasilkan hobby jadi uang,” pungkasnya. (Dilan/CN/DJavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya