Selasa, Mei 7, 2024

Pengembangan Literasi di Pedesaan, Bupati Ciamis Resmikan Taman Baca Gada Membaca

DJAVATODAY.COM, CIAMIS – Dukung pengembangan literasi di wilayah pedesaan sebagai bagian dari misi Kabupaten Ciamis dalam pengembangan sumber daya manusia, Taman Baca komunitas Gada Membaca diresmikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Kamis (18/2/2021).

Peresmian tersebut dilakukan dengan meletakkan batu bata dan penandatanganan batu prasasti pembangunan taman baca Gada Membaca. 

Herdiat Sunarya mengatakan, pembangunan SDM masyarakat menjadi hal utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

“Kami mengapresiasi inovasi yang digagas oleh Komunitas Gada Membaca. Kedepannya kita akan mensuppot pembangunan taman baca Gada membaca lewat anggaran APBD,” imbuh Herdiat.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga  memberikan bantuan tunai untuk keberlangsungan taman baca yang masih dalam proses pembangunan. 

Sementara itu, penggagas komunitas Gada Membaca, Agus Munawar mengungkapkan, tujuan dibangunnya taman baca tersebut diperuntukkan sebagai ruang beraktifitas serta belajar warga. Selain itu juga sebagai sarana akses informasi baik dari sumber teks buku maupun digital. 

“Bermacam aktivitas dapat digelar di taman baca ini. Fungsi taman baca ini juga sebagai pusat informasi, warga bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber teks atau digital nantinya,” Ungkapnya. 

Penerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI ini juga menjelaskan, Komunitas Gada Membaca berdiri pada 18 Februari 2015. Lahirnya Gada Membaca terlahir dari serangkaian aktivitas yang digelar bersama masyarakat yang dirasakannya sangat bermanfaat. 

“Kita mengharapkan dengan terdapatnya tempat baca Gada Membaca dapat melahirkan komunitas baru lainnya yang didasari atas dasar kerelawanan. Kami pula mengharapkan dukungan dari stakeholder  dalam menunjang aktivitas Komunitas Gada Membaca,” tambah Agus.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bunda Literasi Ciamis, Kania Ernawati, Kepala Disperpusda Ciamis, Kepala BPKD Ciamis dan Camat Kawali. Selain it, hadir pula relawan Gada Membaca, Kades Winduraja, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan anggota TP PKK Desa Winduraja. *Arifin AT/Djavatoday

PSGC Ciamis Kalah dari Perseden 1-0 di Laga Pamungkas Grup G Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis kalah atas Perseden Denpasar 1-0 dalam laga terakhir grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar di Stadion Galuh, Kabupaten...

102 Atlet Ciamis Siap Ikuti Popwilda Jabar 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 130 kontingen yang terdiri dari 102 atlet dan 28 pelatih dan official Kabupaten Ciamis siap mengikuti Popwilda Jabar 2024. Kadisbudpora...

PAN Silaturahmi ke Gerindra Ciamis, Sepakat Lanjutkan Koalisi Indonesia Maju di Pilbup 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pengurus DPD PAN Ciamis silaturahmi ke rumah juang Partai Gerindra Ciamis, Selasa (7/5/2024). Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat untuk melanjutkan Koalisi...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Jalani Pemeriksaan Kejiwaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tarsum (41) pelaku pembunuh dan pemutilasi istri Yanti (40) kini menjalani pemeriksaan kejiwaan di Polres Ciamis, Senin (6/5/2024). Dokter kejiwaan dari RSUD...

Terpopuler

Lainnya