Senin, April 29, 2024

Ada Mini Galeri Menarik di Dinas KUKMP Ciamis, Yuk Kunjungi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perkantoran di Kabupaten Ciamis kini mulai dibuat semenarik mungkin agar bisa meningkatkan pelayanan. Seperti di Dinas Koperasi, UKM  dan Perdagangan atau KUKMP Ciamis yang membuat sebuah mini galeri menarik.

Di dalam galeri ini terdapat berbagai jenis kerajinan dan makanan kuliner asli karya para pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Ciamis. Untuk kerajinan seperti, perkakas, hiasan rumah tangga, rumah tangga, pajangan dan cinderamata untuk oleh-oleh asli Ciamis

Sedangkan untuk kuliner, umumnya hanya kemasannya saja tapi ada juga yang memang bertahan lama disertai isinya yang bisa dicicipi. Bahkan ada kopi produksi Ciamis yang biasa menjadi oleh-oleh tamu dari daerah lain yang berkunjung ke Ciamis.

Kepala Dinas KUKMP Ciamis David Firdha menjelaskan mini galeri ini awalnya dibuat ketika ada tamu pemerintah daerah lain yang berkunjung ke Ciamis. Untuk mengenalkan berbagai produk asli Ciamis harus langsung berkunjung tapi waktunya terbatas.

Sehingga tercetus untuk mengumpulkan contoh berbagai kerajinan dan kuliner asli Ciamis dalam satu tempat.

“Jadi kami manfaatkan ruangan yang ada di kantor untuk dijadikan sebuah mini galeri. Jadi ketika ada tamu, kita bisa memperlihatkan produk-produk asli Ciamis,” ujar David, Jumat (29/1/2021).

David mengatakan untuk koleksinya dilakukan penjadwalan, karena jumlah pelaku UMKM di Ciamis mencapai ratusan. Jadi setiap sebulan sekali Dinas KUKMP Ciamis akan mengganti koleksi secara bergiliran sehingga akan lebih fresh.

“Supaya semua kebagian jadi dilakukan penjadwalan dalam periode tertentu, sebulan sekali dan beberapa waktu tertentu diganti dengan yang belum dipajang,” ungkapnya.

David pun mempersilahkan masyarakat untuk datang dan berkunjung ke mini galeri itu. Karena ini juga sebagai salah satu edukasi bagi masyarakat bahwa Ciamis memiliki produk-produk yang berkualitas. Bahkan tak menutup kemungkinan terpacu dan termotivasi menjadi pelaku UMKM dan membuat produk inovatif.

“Semoga mini galeri Dinas KUKMP Ciamis inibermanfaat sebagai bentuk pengenalan produk-produk asli Ciamis karya para pelaku usaha kecil menengah,” ucap David. (AYU/Djavatoday)

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Pj Bupati Ciamis Tinjau Langsung Kerusakan Akibat Gempa 6,5 M Garut

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah bangunan di Kabupaten Ciamis, mengalami kerusakan akibat gempa 6,5 M Garut yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024). Pj Bupati Ciamis Engkus...

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

Terpopuler

Lainnya