Selasa, Mei 21, 2024

Masih Banyak Perangkat Desa di Ciamis Kesulitan Kelola Dana Desa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masih banyak perangkat desa di Ciamis yang mengalami kesulitan dalam mengelola Dana Desa. Hal tersebut dikataka Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ciamis Femi Irvan Nasution Kamis (28/1/2021).

Kejaksaan Negeri Ciamis sendiri memiliki sejumlah program upaya preventif melalui sosialisasi, salahsatunya program Jaga Desa. Dengan bentuk kegiatan sosialisasi terpusat kepada perangkat Desa.

“Kita sering melakukan sosialisasi kepada perangkat Desa. Dilakukan di tiap Kecamatan, jadi kita undang para perangkat Desa terpusat di teritorial satu Kecamatan,” kata Femi.

Kegiatan dilakukan sebagai bentuk jemput bola dari Kejari Ciamis. Untuk menghilangkan paradigma menyeramkan di Kejaksaan Negeri Ciamis di mata perangkat Desa.

“Kita ingin merangkul semua element masyarakat. Dalam hal ini kita ingin memberitahu bahwa tidak ada yang perlu ditakuti untuk berkonsultasi kepada kami. Kita sangat terbuka,” tegasnya.

Sejauh ini, Femi mengaku, antusiasme perangkat desa sangat positif. Kendala yang banyak ditemukan memang dalam hal pengelolaan Dana Desa.

“Mohon maaf, memang banyak ketakuan yang dialami para perangkat Desa di Ciamis. Seperti dalam hal pelaksanaan kontrak kerja, ditambah tekanan-tekanan dari para oknum yang menjerumuskan kepada penyalahgunaan anggaran,” paparnya.

Femi menerangkan, selama pendemi program jaga Desa terhambat. Banyak perangkat Desa antusias mengikuti sosialisasi Kejari, namun kondisi tidak memungkinkan.

“Pendemi Covid19 ini membuat kita harus membatasi jumlah peserta dalam sosialisasi. Jadi sedikit terhambat, banyak perangkat Desa yang antusias ingin ikut serta, namun kita harus membatasi jumlah peserta,” pungkasnya.

Kerja Perangkat Desa Di Ciamis Dimudahkan Dengan Tekhologi 4.0

Pada tahun 2020, sedikitnya sebanyak tiga Kepala Desa di Ciamis harus berurusan dengan hukum karena indikasi penyalah gunaan anggaran Desa.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Ciamis M Abdul Haris telah merancang solusi mengenai kesuliatan kerja perangkat Desa. Tekhnologi Digital 4.0 yakni Smartboard Android dan KiosK menjadi penunjang kerja untuk mempermudah tugas perangkat Desa.

“Ditengah pendemi ini kita dituntut melebur dengan kemajuan zaman dalam hal pemanfaatan tekhnologi,” jelas Haris.

Smardboard Android akan dilengkapi fitur Internet yang memungkinkan bagi Kejaksaan mengakses langsung progres pengelolaan Dana Desa.

“Progres pendampingan pengelolaan anggaran pun dapan dilakukan secara online. Jika ingin percepatan pemulihan ekonomi dan akselerasi pembangunan, kita Perangkat Desa Ciamis harus memanfaatkan kemajuan zaman,” pungkas Haris. (MM/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya