Sabtu, Oktober 26, 2024

Sharing Knowledge Desa Cerdas: 20 Desa di Ciamis Terima Perangkat Komputer

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka mempercepat digitalisasi dan mewujudkan konsep Desa Cerdas, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar kegiatan Sharing Knowledge Desa Cerdas. Acara ini berlangsung pada Jumat, (25/10/2024), di Aula BKPSDM Ciamis.

Acara tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, yang secara resmi membuka kegiatan tersebut. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Kemendes PDTT, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama. Juga para Kepala Desa dan Kader Desa Digital se-Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Engkus menyampaikan apresiasi kepada Kemendes PDTT yang telah memilih Kabupaten Ciamis sebagai pilot project untuk program Desa Cerdas. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan juga manfaat besar bagi desa-desa yang tertinggal di Ciamis.

“Kami berterima kasih atas perhatian lebih yang diberikan dalam pembangunan desa di Kabupaten Ciamis. Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi desa-desa yang tertinggal,” ujarnya.

Kegiatan Sharing Knowledge Desa Cerdas ini juga disertai dengan penyerahan perangkat komputer kepada 20 desa terpilih di Ciamis. Penyerahan tersebut merupakan bagian dari program digitalisasi desa untuk meningkatkan produktivitas ekonomi dan kemajuan masyarakat.

Menurut Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Kemendes PDTT, Cece Tusuf, program ini merupakan langkah penting untuk membangun desa yang lebih cerdas dan juga terhubung secara digital.

“Pengembangan smart village dari kementerian merupakan program nasional, dan Kabupaten Ciamis dijadikan sebagai pilot project,” ungkap Cece.

Sebanyak 20 desa di Kabupaten Ciamis menerima perangkat komputer. Di antaranya Desa Karyamukti, Desa Cibadak, Desa Imbanagara Raya, dan juga Desa Sukamaju. Dengan bantuan ini, diharapkan desa-desa tersebut dapat lebih memaksimalkan teknologi dalam pengelolaan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Babi Hutan yang Meresahkan Warga Sukawening Berhasil Ditangkap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Dusun Sukamukti, Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, akhirnya bisa bernapas lega setelah seekor babi hutan yang selama ini meresahkan...

Diduga Konsleting Listrik, Pohon Beringin di Ciamis Terbakar

harapanrakyat.com,- Sebuah pohon beringin di Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mendadak terbakar, Jumat (25/10/2024) sekitar pukul 03.12 WIB. Kabid Damkar Satpol PP...

Damkar Evakuasi Lutung yang Keliaran di Permukiman Warga Banjarsari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petugas pemadam kebakaran Pos WMK Banjarsari bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciamis berhasil mengevakuasi seekor lutung. Satwa itu meresahkan...

10 Anggota DPRD Ciamis Dapil 1 Bersatu Siap Menangkan Herdiat-Yana di Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Pilkada Ciamis 2024 yang tinggal 34 hari lagi, dukungan terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Herdiat Sunarya dan Yana...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terbaru