Selasa, Oktober 22, 2024

Telaga Cebong Wonosobo, Keindahan di Desa Tertinggi Se-Pulau Jawa

Telaga Cebong Wonosobo merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik. Letusan kawah gunung tersebut membentuk daratan yang terisi air seluas sekitar 18 hektare, tetapi kini hanya tersisa 12 hektare. Telaga ini menjadi salah satu spot terindah di Desa Sembungan, sebuah desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa yang berada pada ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut ini juga menyuguhkan keindahan lain, yakni Bukit Sikunir.

Jika Anda berkunjung ke objek wisata ini, Sobat Djava bisa menikmati pemandangan pegunungan yang memanjakan mata. Anda juga bisa merasakan langsung hawa sejuk khas Dieng yang menusuk sekaligus menyegarkan. Cocok menjadi spot healing bersama teman ataupun keluarga. Fasilitas yang tersedia di objek wisata telaga ini pun sudah cukup memadai sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama.

Untuk Sobat Djava yang sedang merencanakan liburan ke Jawa Tengah, tak ada salahnya untuk mengunjungi Telaga Cebong Wonosobo. Sebelum itu, simak terlebih dahulu artikel ini selengkapnya untuk mendapatkan ragam informasi penting dan menarik. Mulai dari harga tiket masuk, fasilitas, jam operasional, daya tarik, hingga alamat. Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Telaga Cebong Wonosobo

Menikmati indahnya pegunungan hijau dengan suguhan danau yang jernih tidak akan membuat kantong kering. Hal tersebut karena tiket masuk ke objek wisata ini cukup terjangkau, yakni hanya Rp15.000 per orang. Dengan harga tersebut, Anda tidak hanya bisa bersantai menikmati keindahan danau, tetapi juga bisa mengunjungi Wisata Bukit Sikunir. 

Selain tiket masuk, Sobat Djava harus membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Nominalnya adalah Rp5.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil. Telaga Cebong Wonosobo juga menyediakan fasilitas camping dengan biaya sekitar Rp200.000 per malam untuk kapasitas hingga 3 orang. Perlu Sobat Djava ingat bahwa tarif-tarif tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Fasilitas dan Jam Operasional 

Informasi penting lainnya seputar objek wisata ini adalah fasilitas yang tersedia untuk menunjang aktivitas liburanmu. Telah tersedia area parkir kendaraan, toilet, warung makan, toko oleh-oleh dan souvenir, ojek motor, hingga spot foto yang kece. Tersedia juga fasilitas camping ground dan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah 24 jam setiap hari sehingga Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat sebelum fajar terbit agar Anda bisa menikmati momen sunrise yang indah di Telaga Cebong Wonosobo. Berkunjunglah saat cuaca cerah agar pemandangan yang tersaji tidak terhalang kabut tebal.

Daya Tarik Wisata Telaga Cebong Wonosobo

Objek wisata ini menyuguhkan keindahan danau seluas sekitar 12 hektare yang terbentuk secara alami. Airnya begitu jernih sehingga bisa memantulkan pemandangan memesona di sekitarnya. Dari danau ini, Sobat Djava juga bisa menikmati keindahan pegunungan yang gagah dan hijau memanjakan mata. Tak lupa dengan nuansa khas Dieng yang sejuk, magis, dan romantis.

Sekilas terlihat, bentuk Telaga Cebong Wonosobo ini mirip seperti anak katak, yakni cebong/kecebong atau berudu. Di sekitar danau ini juga biasanya terdapat banyak anak katak. Itulah yang menjadi asal-usul penamaan danau ini.

Sobat Djava bisa bersantai dengan duduk-duduk di tepian danau sembari menyantap makanan lezat. Anda juga bisa mengabadikan keindahan danau ini menggunakan lensa kamera terbaik atau sekadar selfie untuk menambah feed. Jika ingin melihat keindahan danau ini dari angle yang berbeda, cobalah mengunjungi Bukit Sikunir yang berada di arah timur.

Alamat Lengkap 

Telaga Cebong Wonosobo berlokasi di Desa Sembungan, Kecamatan Sejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 6 kilometer dari Tugu Selamat Datang Dieng. Akses jalannya sudah cukup bagus dan bisa untuk kendaraan roda dua maupun empat. Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat karena udara di kawasan telaga ini cenderung dingin. (Rismawati/Djavatoday)

Bukit Jengkoang Kota Batu, Spot Gowes dan Nikmati Sunrise

Bukit Jengkoang Kota Batu merupakan sebuah tempat dengan suguhan pegunungan dan perkebunan yang hijau sejauh mata memandang. Pemandangan ini begitu indah dan menyegarkan sehingga...

Curug Naga Bogor: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Curug Naga Bogor merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan keseruan bermain air dan berpetualang di alam terbuka. Objek wisata ini juga menyuguhkan keindahan...

Ipukan Highland Kuningan, Staycation Aesthetic di Gunung Ceremai 

Ipukan Highland Kuningan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan penginapan aesthetic yang beragam. Suguhan keindahan pegunungan Ceremai pun bisa Anda saksikan, lengkap dengan...

Bird Pavilion Lembang, Wisata Seru untuk Pecinta Burung

Bird Pavilion Lembang merupakan sebuah objek wisata alam dan edukasi yang seru, terutama bagi para pecinta burung. Sepert namanya, objek wisata ini menyuguhkan lebih...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya