Jumat, Oktober 18, 2024

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan.

Desa ini memanfaatkan potensi alamnya secara optimal, terutama melalui budidaya ternak domba. Program tersebut menjadi salah satu upaya untuk memperkuat ketahanan pangan desa dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Kepala Desa Mulyasari, Didin, mengungkapkan bahwa program ini berfokus pada pemanfaatan potensi lokal desa, terutama dalam hal ketersediaan pakan ternak. “Sistem ketahanan pangan berbasis potensi lokal memiliki peluang besar untuk memberikan hasil yang maksimal. Ini yang sedang kami jalankan di desa,” ujar Didin pada Kamis (17/10/2024).

Program budidaya ternak domba ini dimulai sejak tahun 2022, dengan alasan ketersediaan pakan yang melimpah di wilayah Desa Mulyasari. Sumber pakan alami seperti rerumputan tumbuh subur di sekitar desa. Ditambah dengan tanaman khusus yang ditanam untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

“Program ketahanan pangan melalui budidaya ternak domba yang dikelola oleh kelompok masyarakat di desa kami sudah berjalan dengan baik dan banyak yang berhasil,” kata Didin.

Dalam dua tahun terakhir, domba-domba yang dibudidayakan dalam kandang kelompok yang tersebar di setiap dusun telah mengalami perkembangan signifikan. Dari modal awal sebanyak 10 ekor domba, kini beberapa kelompok telah berhasil menggandakan jumlah ternaknya menjadi 20 hingga 25 ekor. Program ini ditargetkan untuk diperluas ke kelompok masyarakat lainnya di masa mendatang.

“Kami terus memantau perkembangan domba-domba ini secara rutin untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan mereka,” tambah Didin.

Salah satu alasan utama pemilihan domba dalam program ketahanan pangan ini adalah kemudahan pemenuhan stok pakan serta cara pemeliharaannya yang relatif sederhana. Selain itu, domba dinilai sebagai hewan ternak yang memiliki potensi ekonomi tinggi. Terutama bagi masyarakat desa yang menggantungkan hidup pada sektor agribisnis.

Dengan keberhasilan program ketahanan pangan berbasis ternak domba ini, Pemerintah Desa Mulyasari berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat ketahanan pangan secara berkelanjutan di desa tersebut. (Andra/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Universitas Galuh Ciamis Wisuda 650 Lulusan dari Pasca Sarjana dan Sarjana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Universitas Galuh Ciamis wisuda sebanyak 650 lulusan pada wisuda ke-39 tahun 2024. Jumlah lulusan tersebut dari Pasca Sarjana dan Sarjana. Kegiatan wisuda...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya