Selasa, Oktober 22, 2024

Ular King Kobra 4 Meter Berhasil Dievakuasi dari Gudang Rumah Warga di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seekor ular King Kobra sepanjang 4 meter ditemukan bersembunyi di sebuah gudang milik warga di Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari berhasil mengevakuasi ular berbahaya tersebut Selasa (15/10/2024).

Sumiati (55), pemilik rumah, pertama kali menemukan ular tersebut saat hendak masuk ke gudangnya. Melihat ular besar itu, ia merasa sangat terkejut dan langsung melaporkan keberadaannya kepada petugas pemadam kebakaran. “Saya takut ular itu bisa mengancam keselamatan saya dan keluarga, jadi saya segera meminta bantuan dari Damkar,” ungkap Sumiati.

Menurut Kabid Damkar Dinas Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi, tim dari Pos WMK Banjarsari segera merespons laporan tersebut.

“Kami menerima laporan dari warga tentang keberadaan King Kobra di rumahnya. Mereka meminta bantuan untuk menangkap ular tersebut karena khawatir akan bahayanya,” jelas Fery.

Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB dengan membawa satu unit kendaraan. Setelah melakukan pencarian, ular King Kobra dengan nama latin Ophiophagus hannah ditemukan bersembunyi di gudang belakang rumah Sumiati di Pamarican Ciamis.

“Syukurlah, ular sepanjang 4 meter itu berhasil kami evakuasi tanpa ada korban luka atau insiden. Setelah proses evakuasi selesai, petugas kembali melanjutkan tugas mereka di Pos WMK Banjarsari,” kata Fery.

Kehadiran ular berbisa seperti King Kobra di kawasan pemukiman jelas mengkhawatirkan, mengingat ular tersebut dikenal sangat berbahaya. Bisanya mampu mematikan, sehingga warga diminta untuk selalu berhati-hati.

Fery mengimbau masyarakat agar tetap waspada, terutama di area yang jarang terjamah atau jarang dibersihkan seperti gudang, semak-semak, atau tempat tersembunyi lainnya.

Ia juga menegaskan pentingnya tidak mencoba menangani sendiri ular berbahaya, terutama jenis berbisa seperti King Kobra, dan segera melaporkan ke pihak yang berwenang seperti Damkar untuk proses penanganan yang tepat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kejari Ciamis Gelar Aksi Kampanye Anti Korupsi di Alun-Alun Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis turun ke jalan untuk menggelar aksi kampanye gerakan anti korupsi di Jalan Jenderal Sudirman,...

Napak Tilas Perjuangan Santri dan Ulama di Ciamis Lewat Kirab Resolusi Jihad

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Resolusi Jihad yang digelar di Kabupaten Ciamis, Selasa, 22 Oktober 2024. Ini menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan ulama dan...

SDN 4 Kertasari Ciamis Sudah Pasang Foto Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis sudah memasang bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan...

Pj Bupati Ciamis: Santri Bisa Jadi Apa Saja, Termasuk Pimpinan Negara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyebut jika santri itu bisa jadi apa saja, bahkan bisa menjadi pimpinan negara. Hal tersebut Engkus sampaikan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya